SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia merayakan gol Dendy Sulistyawan ke gawang Curacao pada FIFA Matchday di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022) malam. (Twitter @PSSI)

Solopos.com, JAKARTATimnas Indonesia kembali mengalahkan Curacao pada FIFA Matchday. Setelah menang 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Indonesia mengalahkan Curacao 2-1 di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9/2022) malam.

Dendy Sulistyawan memastikan kemenangan pasukan Garuda melalui gol pada menit ke-87 memanfaatkan umpan Witan Sulaeman di depan gawang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya Indonesia memimpin melalui gol Dimas Drajad ketika pertandingan berjalan tiga menit. Striker Persikabo 1973 itu memanfaatan bola rebound dari penjaga gawang Tyrick Bodak yang tak kuasa menepis tembakan keras Witan Sulaeman.

Baca Juga: Link Live Streaming FIFA Matchday Jilid 2 Indonesia vs Curacao

Curacao yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-80 menyusul kartu merah Juninho Bacuna, sempat menyamakan kedudukan satu menit setelah turun minum melalui Jeremy Antonisse.

Timnas Indonesia tampil menyerang sejak kick-off di Stadion Pakansari. Upaya itu merepotkan barisan pertahanan Curacao. Dari berbagai upaya yang dilakukan, Indonesia menuai hasilnya pada menit ketiga melalui gol Dimas Drajad.

Indonesia terus menggempur pertahanan Curacao. Sejumlah peluang pun lahir. Namun dari sejumlah peluang itu gagal dikonversi menjadi gol.

Baca Juga: Indonesia vs Curacao Jilid 2: Demi Perbaiki Peringkat FIFA

Di sisi lain, Curacao mulai memainkan permainan keras menjurus kasar. Kartu kuning pun dikeluarkan wasit Xaypasert Phongsanit dari Laos untuk pemain Curacao Shermaine Martina, Leandro Bacuna dan Juninho Bacuna.

Sedangkan Saddil Ramdani menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang dikartu kuning.

Setelah 25 menit berjalan, Curacao mulai berhasil menguasai keadaan. Beberapa peluang dibuat pemain Curacao yang membuat kiper Indonesia Syahrul Trisna Fadillah harus jatuh bangun menyelamatkan gawang Garuda.

Baca Juga: Babak Pertama, Dimas Drajad Bawa Indonesia Ungguli Curacao 1-0

Curacao langsung tancap gas di awal babak kedua. Hasilnya mereka sukses menyamakan kedudukan ketika pertandingan baru berjalan satu menit. Berawal dari umpan Juninho Bacuna, Jeremy Antonisse sukse membobol gawang Syahrul Trisna Fadillah.

Indonesia merespons dengan memberikan ancaman melalui tendangan keras Saddil Ramdani, namun upaya pemain Sabah FA tersebut masih bisa ditepis Bodak.

Permainan kembali berlangsung keras yang membuat wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Nathangelo Markelo pada menit ke-56. Marselino Ferdinan juga mendapatkannya empat menit kemudian.

Baca Juga: Takut Indonesia vs Curacao Sepi Penonton, Plt Bupati Bogor Borong Tiket

Puncaknya Curacao harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-80 setelah gelandang Juninho Bacuna harus diusir dari lapangan oleh wasit karena mendapatkan kartu kuning kedua. Wasit kemudian memberikan kartu kuning terakhir pada laga itu  kepada Rizky Ridho Ramadhani pada menit ke-84.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh skuat Shin Tae-yong. Indonesia mampu mengembalikan keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Dendy Sulistyawan memanfaatkan umpan tarik Witan Sulaeman sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit ke-87.

Curacao berupaya melakukan serangan untuk menyamakan kedudukan. Namun kalah jumlah pemain, justru Indonesia yang lebih banyak melakukan tekanan hingga injury time selama empat menit. Tidak ada gol tambahan tercipta sehingga skor tetap 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

 

Susunan pemain Indonesia vs Curacao:

Indonesia (3-4-3)

Syahrul Trisna; Elkan Baggott, Rachmat Irianto, Rizky Ridho; Pratama Arhan/R. Sananta, Ricky Kambuaya/Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani/M. Ferarri, Yakob Sayuri; Witan Sulaeman, Dimas Drajad/M . Rafli, Egy Maulana Vikri/Dendy Sulistyawan. Pelatih: Shin Tae-yong.

Curacao (4-3-3)



Tyrick Bodak; Justin Ogenia, Nathangelo Markelo, Rhu-Endly Aurelio, Juninho Bacuna; Leandro Jones, R. Bonevacia/K. Falida, Shermaine Martina/B. Martis; Gevaro Nepomuceno/J. Antonisse, Kenji Joel, Rangelo Maria Janga/G. Van Kessel. Pelatih: Remko Bicentini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya