SOLOPOS.COM - Tesla Model 3. (Theverge.com)

Musk mengunggah video produksi Tesla Model 3 di akun Instagram.

Solopos.com, NEW YORK – Bos Tesla Motors Elon Musk akhirnya mengungkap proses produksi mobil listrik Model 3. Ia menunjukkan bagaimana robot-robot membuat mobil listrik Tesla paling fenomenal tersebut. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2016, Tesla Model 3 sudah dipesan sebanyak 500 ribu unit di seluruh dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 2016 itu sudah mulai dikirim ke konsumen sejak beberapa waktu lalu, tapi unitnya masih sangat terbatas.

The Model 3 body line slowed down to 1/10th speed

Sebuah kiriman dibagikan oleh Elon Musk (@elonmusk) pada

Para pemesan terutama yang mengajukan booking di saat akhir harus lebih bersabar. Pasalnya waktu pengiriman unit bisa lebih dari setahun sejak pemesanan. Untuk menjawab rasa penasaran para konsumen, Musk pun mengunggah video produksi Model 3 di akun Instagram. Pada tayangan yang dibikin dalam slow motion itu tampak empat robot mengerjakan satu mobil di sebuah jalur. Tangan-tangan robot itu masing-masing mengerjakan bagian berbeda-beda. Menurut Musk, video yang diunggahnya sudah diperlambat 1/10 dari kecepatan sesungguhnya. Video ini diunggah setelah Musk menyatakan bahwa timnya berkerja sangat keras untuk segera mengirim Model 3 ke konsumen. Namun target produksinya meleset jauh yakni hanya 260 dari 1.500 unit dalam 3 bulan. Musk juga mengatakan pihaknya akan fokus memproduksi Model 3 untuk di pabriknya. Saat ini pabrik Tesla juga harus memenuhi pemesanan Model S dan Model X. Bahkan, Musk memutuskan untuk menunda peluncuran kendaraan listrik terbaru yakni berwujud semi truk, dari seharusnya pada 26 Oktober menjadi 16 November 2017. Selain fokus pada Model 3, Tesla juga menggenjot produksi baterai di pabrik Puerto Rico.

Stamping Model 3 Body Panels (real-time) Sebuah kiriman dibagikan oleh Elon Musk (@elonmusk) pada

Diunggahnya video ini tak lepas dari upaya Musk untuk menjawab kekhawatiran konsumen, apakah target yang sudah ditetapkan soal produksi Model 3 akan bisa sesuai jadwal atau tidak. Musk pun menepis bahwa pengiriman unit mobil seharga Rp460 jutaan itu ditunda dari Oktober ke Desember.

Sejauh ini Tesla sudah mengirim 220 unit Model 2 dari total produksi 260 unit selama 3 bukan terakhir. Awalnya Tesla menargetkan produksi 1.500 unit selama 3 bulan, lalu akan ditingkatkan menjadi 5.000 unit per pekan pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya