Memotret Pemerintahan di Dunia Maya Lewat Solopos Digital Award
Solopos.com|soloraya

Memotret Pemerintahan di Dunia Maya Lewat Solopos Digital Award

Solopos Digital Award 2021 hadir untuk memotret kinerja instansi pemerintahan di dunia maya, baik media sosial maupun website.

Solopos.com, SOLO — Semakin masifnya penggunaan media sosial bagi instansi pemerintah yang berpedoman dalam PermenpanRB 83/2012, Solopos.com hadir memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah, Humas Pemda, dan juga Kepala Daerah melalui Solopos Digital Award.

Danang Nur Ihsan, selaku Ketua Tim Riset Digital SDA 2021 mengatakan, gelaran ini bertujuan untuk melihat kinerja instansi pemerintah daerah dari digital.

Baca Juga: Ramai Lagi, Ini 5 Fakta Tersembunyi dari Pasar Ikan Balekambang Solo

“Solopos Digital Award ini hadir untuk Solopos.com memotret kinerja lembaga institusi di dunia maya. Selain itu, kita ingin mendorong pemerintah untuk menggunakan internet khususnya media sosial dan website untuk meningkatkan publikasi,” beber dia.

Solopos Digital Award yang diikuti oleh 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan enam kabupaten/kota di Madiun Raya ini diharapkan mampu menghadirkan konten-konten positif yang ada di media sosial masing-masing instansi.

Baca Juga:  Cara Daftar Internet Iconnet PLN, Lengkap dengan Harganya

“Konten seperti inovasi-inovasi dan juga merespons aduan masyarakat serta menjawab keresahan publik. Diharapkan instansi pemerintah tidak lagi berkomunikasi searah, tapi dua arah dengan masyarakat,” ujar Danang.

Tools dalam Penilai Solopos Digital Award

Danang menambahkan tim riset Solopos.com menggunakan beberapa tools dalam melakukan penelitian untuk mendapatkan data digital seperti Alexa, Similair Web, Ubersuggest, Google Trends, Social Blade (untuk media sosial), hingga panel yang dilakukan oleh tim panelis. Selain itu, data-data digital dari berbagai tools itu dikombinasikan menjadi parameter penilaian. Data-data yang masuk diolah dan kemudian diverifikasi hingga dicek ulang oleh panelis.

Di sisi lain, riset SDA terdiri dari beberapa bagian, yakni Best Digital Performance kategori pemerintah daerah, Best Digital Performance kategori humas pemerintah daerah, dan Best Figure Digital Performance. Sedangkan untuk Best Figure Digital Performance ini dikategorikan lagi, misalnya kategori Instagram, Facebook, Soloraya, Twitter, dan Youtube.

Baca Juga: Menu BTS Meal McD Indonesia: Berapa Harganya dan Sampai Kapan?

Pada SDA 2021 ini total ada 11 penghargan yang diberikan untuk pemerintahan, di antaranya, Best Digital Performance Kategori Pemda di Jawa Tengah, Best Digital Performance Divisi Humas Pemda di Jawa Tengah, Best Digital Performance Kategori Pemda di Soloraya dan Best Digital Performance Kategori Divisi Humas Pemda di Soloraya.

Kemudian, ada Best Digital Performance Kategori Pemda di Madiun Raya, Best Figure Digital Performance, Best Figure Digital Performance di Soloraya, Best Figure Digital Performance di Jateng Versi Youtube, Best Figure Digital Performance di Jateng Versi Twitter, Best Figure Digital Performance di Jateng Versi Instagram, dan Best Figure Digital Performance di Jateng Versi Facebook.

Baca Juga:  Sering Dilupakan, Ternyata Mendongeng untuk Anak Punya Banyak Manfaat Hlo!

Pengumuman Solopos Digital Award 2021 sendiri akan diadakan pada Rabu (7/7/2021) pukul 19.00 WIB yang disiarkan langsung melalui Youtube Solopos TV, Facebook Solopos.com dan Instagram @koransolopos.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago