SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bagi para pekerja kantoran, kursi adalah salah satu furnitur yang sangat penting untuk mendukung kinerja yang maksimal. Kursi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan akan membuat pekerja merasa nyaman dan tidak cepat lelah selama bekerja. Sebaliknya, kursi kantor yang seadanya akan membuat pekerja tidak betah berlama-lama untuk duduk dan berakibat pada hasil pekerjaan yang tidak maksimal.

Jenis Kursi Kantor

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ada bermacam-macam jenis kursi kantor yang bisa ditemui di dekoruma.com saat ini. Mulai dari yang sederhana hingga yang mewah dan sangat nyaman. Tidak sedikit perkantoran yang masih belum memahami pentingnya kursi kantor bagi pekerja yang sehari-hari melakukan aktivitas duduk menghadap meja kerja. Karena itu, kursi yang digunakan masih standar kursi untuk duduk.

Namun, ada pula perkantoran yang sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya dengan memastikan kursi kantor yang diduduki terasa nyaman. Kursi seperti ini populer disebut kursi ergonomis karena disesuaikan dengan kebutuhan si pengguna. Selain dilengkapi dengan punggung kursi dan kepala kursi yang pas untuk postur tubuh pengguna, kursi ini pun memiliki lengan kursi yang tingginya bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, kursi ergonomis biasanya dilengkapi dengan roda kursi sehingga mudah digerakkan ke berbagai tempat di dalam ruangan.

Perbedaan kedua jenis kursi ini tentu diikuti pula oleh perbedaan harga yang lumayan jauh. Kursi ergonomis bisa dibilang dipatok dengan harga jual yang cukup mahal. Hal ini sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan serta dampak positif yang dirasakan pengguna.

Memaksimalkan Kursi Ergonomis

Jika Anda cukup beruntung untuk mendapatkan atau memilih kursi kantor sendiri, kursi ergonomis adalah pilihan yang sangat tepat. Namun, jangan sampai kursi tersebut tidak dimaksimalkan untuk menciptakan kenyamanan bekerja hanya karena Anda tidak tahu caranya atau bagian mana yang perlu diatur.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengatur kursi kantor ergonomis, yaitu:

  • ?          Ketinggian tempat duduk. Sebagian kursi yang disediakan kantor tidak memiliki ketinggian tempat duduk yang sesuai dengan semua pekerja. Ada yang merasa bahwa kursi yang diduduki tersebut terlalu tinggi, ada pula yang merasa sebaliknya. Alhasil, kaki tidak bisa menapak sempurna di lantai. Jika Anda memiliki kursi kantor ergonomis, aturlah ketinggian tempat duduk sehingga telapak kaki benar-benar membentuk sudut 90 derajat dengan lantai. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar paha dan betis pengguna tidak mendapat tekanan berlebihan saat sedang duduk.
  • ?          Sandaran punggung. Kursi kantor ergonomis memiliki sandaran yang bisa diatur apakah berdiri tegak atau sedikit miring. Memiliki kursi kantor seperti ini tentu sangat menyenangkan karena bisa diatur sesuai kebutuhan dan kondisi. Berbeda dengan kursi kantor standar yang hanya memiliki sandaran tegak, kursi kantor ergonomis akan membuat punggung tidak cepat lelah. Aturlah ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang sedang dihadapi.
  • ?          Sandaran lengan. Sandaran lengan atau lengan kursi memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Kehadiran sandaran lengan akan membuat siku memiliki tempat yang tepat. Aturlah sandaran lengan tersebut sesuai dengan tinggi badan dan membuat siku terasa nyaman.

Tips Tetap Sehat saat Duduk

Terlalu lama duduk tanpa aktivitas berarti sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Ada banyak penyakit yang bisa disebabkan karena kurangnya intensitas gerakan. Hal ini biasanya menyerang para pekerja yang setiap hari duduk berjam-jam. Apalagi dengan duduk di kursi kantor yang tidak nyaman, risiko kesehatan semakin besar.

Oleh karena itu, para pekerja perlu memerhatikan beberapa hal supaya tetap sehat meskipun setiap hari dituntut untuk bekerja sambil duduk. Pertama, usahakan untuk berdiri dari kursi setiap beberapa waktu. Keluarlah dari area pekerjaan untuk sekadar bercakap-cakap dengan rekan kerja di kubikel lain. Jika tidak, melakukan gerakan ringan seperti menggerak-gerakkan kaki dan tangan akan membuat peredaran darah kembali lancar.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah selalu mengubah posisi duduk. Jangan terpaku pada posisi duduk tertentu. Selain itu, saat duduk, pastikan jarak antara mata dengan bidang kerja tidak terlalu jauh atau pun terlalu dekat. Meskipun tidak dilengkapi dengan kursi kantor yang ergonomis, memastikan duduk dengan baik akan berdampak positif terhadap kesehatan.

Bukan hanya terkait masalah kesehatan dan kenyamanan, kursi kantor pun perlu dipilih sesuai konsep maupun tema interior kantor tersebut. Agar terkesan lebih profesional, memiliki kursi dan meja kantor dengan tema yang senada sangat penting. Bahkan, jika kursi dan meja kantor tersebut bisa menyatu dengan ruangan, bukan tidak mungkin akan memengaruhi performa pekerja yang berada di dalamnya. Pilihlah warna yang sesuai dan tidak mengganggu untuk kursi yang cocok untuk bekerja.

Memilih kursi kantor memang tidak terlepas dari mempertimbangkan budget yang dimiliki. Namun, jika kursi kantor tersebut dianggap mampu menambah kinerja pekerja dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, hal itu tentu bisa menjadi pertimbangan berharga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya