top ear
Ilustrasi Komunikasi Ayam Kampus (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi Komunikasi Ayam Kampus (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Membongkar Kode Rahasia Booking Ayam Kampus

Komunikasi rahasia ayam kampus untuk mengajak berkencan atau booking memiliki beberapa kode di antaranya ML alias making love, kencan plus, dan ONS-an.
Diterbitkan Kamis, 12/03/2020 - 02:30 WIB
oleh Solopos.com/Cahyadi Kurniawan
3 menit baca

Solopos.com, SOLO – “Cinta satu malam, oh indahnya... Cinta satu malam buatku melayang… Walau satu malam, akan selalu ku kenang dalam hidupku...”

Begitu bunyi lirik lagu “Cinta Satu Malam” yang dinyanyikan oleh Melinda. Dalam video klip itu digambarkan beberapa objek yang menjadi representasi kehidupan masyarakat urban, yakni kolam renang, bar, mobil mewah, dan berakhir di hotel. Lalu, apa hubungannya dengan membongkar kode rahasia booking ayam kampus?

Perjalanan UNS Solo: dari Kentingan Menuju Kancah Internasional

Fenomena cinta satu malam atau kadang orang menyebutnya dengan one night stand (ONS) banyak terjadi di kota-kota yang hampir “tanpa tidur.” ONS dalam pandangan umum dimaknai sebagai aktivitas seksual secara bebas di luar ikatan pernikahan. Hal ini lalu berkembang menjadi kepentingan materialisme alih-alih disebut sebagai sebuah bisnis.

Di Kota Bengawan ini, ONS merambah hingga kalangan mahasiswa. Maka tak heran, dari proses komunikasi itu melahirkan istilah "ayam kampus” yang populer pada era '90-an. Status mahasiswi sendiri disebut-sebut menambah posisi tawar di hadapan para pria hidung belang. Secara sederhana, tarif mereka lebih mahal ketimbang status lain.

Indeks Kesalehan Sosial: Makin Taat Ibadah, Seseorang Makin Beradab

Meski banyak, bukan berarti dengan mudah bisa ditemui. Komunikasi ayam kampus dengan pria hidung belang biasanya terjadi dalam komunitas eksklusif dengan bahasa tertentu yang hanya dipahami di kalangan mereka. Studi Laras Farahestika dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada 2010 mengungkap beberapa kode rahasia booking ayam kampus.

Kode Berkencan

Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Acara Pembukaan di Stadion Manahan

Komunikasi rahasia ayam kampus untuk mengajak berkencan atau booking memiliki beberapa kode di antaranya ML alias making love, kencan plus, dan ONS-an. Ada pula yang memberi kode check in untuk mengajak berkencan di hotel. Kode lainnya adalah “jalan bareng” dan “kencan” itu sendiri.

“Kencan plus, check in, ONS-an, dan ML adalah kode-kode yang Anggrek, Bunga, Melati, Mawar, dan Widuri [nama samaran para informan] gunakan dalam bertransaksi one night stand,” tulis Laras dalam skripsinya sebagaimana dikutip Solopos.com dari Digilib.uns.ac.id, Selasa (10/3/2020).

Sawah Kota Solo: Terus Menyusut Didesak Permukiman

Tak hanya itu, di antara mereka juga terjadi kesamaan kode rahasia ayam kampus dengan tamu dalam hal tawar-menawar tarif. Mereka melakukan komunikasi antarpribadi untuk mencapai kesepakatan soal tarif.

“’Harga beras aja naik, masak tarif syahwat gak naik. Itu harga promo.’ Hi-hi-hi aku bilang gitu aja beibz,” ujar Widuri kepada peneliti.

Penggusuran PKL Solo: Penataan Kota Demi Adipura?

Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong pelaku menjadi ayam kampus mulai dari alasan ekonomi, pengaruh teman dekat, pengaruh kekasih, hingga tuntutan biologis.

“Gaya hidup mewah. Jujur aku matre sih. Pengen ngikutin tren. Pengen kelihatan lebih dari yang lain lah,” tutur Mawar, salah satu informan peneliti.

Lantai Candi Borobudur Aus hingga 4 cm Akibat Tingginya Kunjungan

Dalam studi itu disebut tak jarang kode rahasia ayam kampus untuk menawarkan ONS kepada calon tamunya disampaikan melalui jejaring media sosial. Mereka masuk ke dalam grup-grup “lendir” atau membikin postingan status bernada erotis untuk memancing para tamu kencannya.

“Bikin status atau tautan yang mengundang birahi gitu. Misalnya ‘Siapa yang butuh kepuasan, gede itu gak jaminan tahan lama loh.’ Gitu-gitulah. Entar para cowok juga sudah nangkep yang kita maksud apa,” kutip Laras dalam wawancaranya dengan Bunga.

Harga Empon-empon Naik, Siapa Kabupaten yang Paling Kaya?

Ayam kampus biasanya akan bertemu dengan calon tamunya di tempat makan, klub malam, dan tempat karaoke untuk membangun komunikasi lebih jauh. Dalam riset itu juga disebut tarif kencan dengan ayam kampus bervariasi antara Rp400.000-Rp2 juta.

Editor : Profile Cahyadi Kurniawan
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #espos data #seks

Properti Solo & Jogja


berita terkait