[ X ] CLOSE

Membanggakan! Desa Pule Madiun Masuk Nominasi Lomba Desa Jatim 2021

Penilaian lapangan terhadap Desa Pule sebagai nominator dalam lomba Desa tingkat Jatim 2021 ini tidak berlangsung tiba-tiba.
Membanggakan! Desa Pule Madiun Masuk Nominasi Lomba Desa Jatim 2021

Solopos.com, MADIUN — Desa Pule di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, masuk nominasi enam besar Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur 2021. Saat ini, tim penilai masih melakukan penilaian lapangan di kampung wisata tersebut.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Kamis (1/7/2021), Kampung Ceria di Desa Pule itu memiliki konsep taman wisata yang berisi taman bunga. Lalu pujasera, taman baca, kolam ikan, hingga tempat makan yang ada di tengah-tengah sawah. Taman wisata ini ingin menonjolkan kearifan lokal warga desa yang mayoritas bekerja sebagai petani.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Jatim 2021, Heru Suseno, mengatakan Desa pule masuk nominasi enam besar dalam lomba ini. Selain Desa Pule, ada lima desa lain yang masuk nomuniasi, yaitu desa di Sidoarjo, Gresik, Ponorogo, dan Blitar.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Madiun Raya Jadi Perhatian Pemprov Jatim

Dia menuturkan penilaian lapangan terhadap Desa Pule sebagai nominator dalam lomba Desa ini tidak berlangsung tiba-tiba. Tetapi, ada proses panjang yang harus dilewati.

“Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh desa atau kelurahan sehingga masuk nominasi tingkat provinsi,” kata dia.

Desa yang ikut lomba ini adalah desa yang menjadi juara di tingkat kabupaten. Hal itu harus dilengkapi dengan SK penetapan pemenang dan profil desa.

Baca juga: Membanggakan! Atlet Panahan Madiun Borong 6 Medali dari Kompetisi Nasional

Penilaian Lapangan Lomba Desa

Sedangkan untuk fokus penilaian lapangan ini ada tiga bidang. Yakni bidang pemerintahan dengan indikator ketertiban administrasi, pengelolaan aset, dan keamanan serta ketertiban.

Kedua, bidang kewilayahan yang meliputi pengembangan potensi wilayah untuk peningkatan pendapatan desa. Penilai lomba ketiga, bidang kemasyarakatan yang meliputi fungsi lembaga kemasyarakatan desa dan fungsi BPD di desa tersebut.

“Itu indikator-indikator utama yang difokuskan untuk melakukan penilaian lapangan lomba desa,” kata dia.

Baca juga: Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK Pemprov Jatim Dibuka, Tersedia 13.496 Lowongan

Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan Desa Pule selain memiliki kampung wisata juga memiliki produk UMKM yang layak untuk dijual. Desa Pule ini memiliki letak geografis yang strategis. Yakni berada di perbatasan dua kabupaten, Ngawi dan Magetan. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Magetan dan sisi utara berbatasan dengan Kabupaten Ngawi.

“Justru ini menguntungkan, seperti segitiga emas. Pengunjung Kampung Ceria Desa Pule ini bukan hanya warga Madiun, tetapi juga dari Ngawi dan Magetan,” kata dia.

 

 

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago