Memasuki Usia 40 Tahun, Wanita Disarankan Rutin Lakukan Ini

Memasuki usia 40 tahun, ada sejumlah hal yang sebaiknya menjadi perhatian wanita salah satunya adalah terkait kesehatan tubuh.
Memasuki Usia 40 Tahun, Wanita Disarankan Rutin Lakukan Ini
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kanker payudara. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketika sudah mulai memasuki usia 40 tahun, wanita akan mengalami sejumlah perubahan fisik. Bukan hanya muncul keriput dan kerutan di kulit, bisa jadi juga muncul uban di kepala.

Nah, agar wanita tetap terlihat segar dan cantik ketika memasuki usia 40 tahun, sebaiknya lakukanlah sejumlah kebiasaan baik. Jika Anda belum melakukannya, maka sekaranglah waktu yang tepat.

Memasuki usia 40 tahun, ada sejumlah hal yang sebaiknya menjadi perhatian wanita. Salah satunya adalah terkait kesehatan tubuh. Sehingga sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Ampuhkah Masker Kain Adang Varian Delta? Begini Penjelasan Pakar

“Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Menerapkan beberapa kebiasaan sehat ketika Anda mencapai usia paruh baya dapat memperpanjang usia hidup Anda,” tutur dokter umum Dr. Philippa Kaye, dilansir The Sun dan suara.com, Senin (27/9/2021).

Dr. Philippa Kaye menyarankan beberapa perubahan gaya hidup ketika wanita memasuki usia 40 tahun:

1. Rutin periksa mata

Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit mata, misalnya katarak, degenerasi makula akibat usia (AMD) dan glaukoma meningkat.  “Sangat penting untuk periksa ke dokter mata setahun sekali jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah mata, dan setiap dua tahun jika tidak. Banyak dari penyakit mata ini tidak memiliki gejala pada tahap awal,” ujar ahli bedah mata Elizabeth Hawkes.

Pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi diabetes, hipertensi, kondisi autoimun, dan kanker tertentu.

2. Berhubungan seks

Memasuki usia 40 tahun wanita disarankan sering berhubungan seks. (Ilustrasi/Freepik)
Memasuki usia 40 tahun wanita disarankan rutin berhubungan seks. (Ilustrasi/Freepik)

Bertambahnya usia membuat libido semakin menurun. Tetapi para ahli menyarankan untuk rutin berhubungan seks dengan pasangan untuk kesehatan.

Baca Juga: Ini Penyebab Wabah SARS Berakhir Tanpa Vaksin

“Hanya satu orgasme seminggu sudah cukup memberikan manfaat kesehatan mental yang besar,” kata pakar seks dan hubungan Kate Taylor.

Selain itu, berhubungan seks juga dapat menghentikan vagina kering yang bisa terjadi seiring bertambahnya usia, membantu menurunkan tekanan darah sekaligus kadar hormon stres kortisol.

3. Miliki waktu untuk bersantai

NHS  mengungkap banyak orang mengalami gejala menopause beberapa tahun sebelum berusia 51. Gejalanya seperti perubahan menstruasi, jerawat, libido rendah, rambut rontok, kelelahan serta perubahan suasana hati.

Pakar hormon Martin Kinsella mengatakan bahwa meluangkan waktu untuk bersantai sangat penting.

“Agar hormon Anda seimbang, penting untuk mencoba mengurangi tingkat stres. Biasakan meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari. Misalnya dengan mandi santai, meditasi lima menit atau berjalan-jalan,” ujar Dr Kinsella.

4. Latihan kegel

Pendiri Elite Aesthetics, Shirin Lakhani, mengatakan sekitar dua pertiga wanita dia atas 40 tahun menderita inkoninensia, kondisi ketika seseorang sulit menahan buang air kecil, sehingga menjadi mengompol.

Baca Juga: Nama Jennie Blackpink Muncul di Akhir Kredit Squid Game, Kok Bisa?

“[Penyebabnya] Banyak hal. Seperti melahirkan, sembelit, mengejan, menopause dan kelebihan berat badan, karena memberi tekanan pada dasar panggul seiring bertambahnya usia,” jelas Lakhani.

Kabar baiknya, latihan kegel setiap hari dapat membantu mencegahnya.

5. Pemeriksaan payudara

Kanker payudara merupakan kanker paling banyak diderita perempuan. “Semakin cepat kanker payudara ditemukan, kemungkinan pengobatan akan semakin berhasil. Pengecekan cepat, mudah dan tidak ada teknik khusus,” ujar kepala kesehatan dan kesejahteraan Manveet Basra.

“Kenali saja payudara Anda dan apa yang normal untuk Anda sehingga Anda dapat melihat perubahan baru atau tidak biasa,” paparnya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago