SOLOPOS.COM - Ilustrasi (webizservice.com)

Solopos.com, JOGJA — Email marketing bisa dimaksimalkan untuk menerapkan digital marketing. Mengingat, email masih menjadi channel dengan pengguna tertinggi dan merupakan saluran komunikasi yang aktif.

Digital Marketing Specialist Niagahoster, Dimas Gandhi Purba Diwantara mengatakan email memiliki beberapa keunggulan jika digunakan sebagai sarana marketing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Antara lain adalah email bisa dikirim langsung secara personal, waktu pengiriman bisa disesuaikan, konten email juga bisa dipersonalisasi sesuai aktivitas penerima, serta interaksi penerima email juga bisa ditracking secara individu.

“Rata-rata open rate email berbagai industri adalah 17%. Sedangkan media sosial seperti Instagram, read rate hanya sekitar 2%,” ucap Dimas, Jumat (21/1/2022) seperti dilansir Harian Jogja.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk menerapkan email marketing, tentunya lebih baik jika menggunakan email profesional yang terhubung dengan nama domain perusahaan dan bukan dengan menggunakan alamat email gratis.

Baca Juga: BRI Beri Penghargaan Mitra Bisnis dengan Solusi IT Terbaik bagi Nasabah

Selain untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, email profesional juga lebih terjamin privasinya dan bebas iklan. Selain itu juga lebih mudah dikelola dan mengurangi risiko ditandai sebagai email spam.

“Untuk memastikan agar email marketing yang dikirim tidak masuk ke kotak spam, pengirim harus mendapatkan izin dari penerima email. Subscribers harus memasukkan sendiri email mereka ke mailing list pengirim, bukan secara otomatis dimasukkan. Sebaiknya tidak membeli list email atau harvesting alamat email dari website,” ucap Dimas.

Pengirim email marketing juga harus mematuhi aturan hukum yang berlaku. Antara lain nama dan alamat email pengirim email harus sesuai, memberi opsi unsubscribe, terdapat informasi alamat fisik, pesan dan subyek harus jelas dan sesuai, serta tidak mengandung penipuan.

“Yang tidak kalah penting adalah untuk memilih layanan email hosting yang baik dari segi keamanannya sehingga email yang dikirim tidak terfilter spam. Email Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan untuk membuat email profesional yang digunakan untuk email marketing,” kata Dimas.

Baca Juga: Asosiasi Bank Syariah Indonesia Bekali Bisnis Online Pelaku UMKM

Email Hosting Niagahoster memungkinkan bagi pemilik bisnis untuk membuat akun email unlimited.Pemilik bisnis juga bisa membuat dan mengelola email profesional dengan nama domainnya sendiri. Dan limit pengirimannya mencapai 9.600 email per hari.

Email Hosting Niagahoster juga memiliki SpamExperts yang sudah terintegrasi dan gratis, aman dari iklan, spam, virus, dan malware, serta memiliki kapasitas inbox yang besar.

Jika sudah memiliki layanan email hosting yang baik, sudah mematuhi aturan hukum yang berlaku, dan mendapatkan izin dari penerima email, pengirim email juga harus melakukan beberapa checklist yang harus dipastikan sebelum mengirimkan email marketing.

“Pastikan email dikirim ke segmen yang benar, pastikan subyek tidak lebih dari 50 karakter dan sesuai dengan isi email, pastikan email responsif dan mobile-friendly, pastikan ada link untuk unsubscribe, pastikan semua link bekerja dengan baik, pastikan semua informasi sudah benar dan tidak ada typo, dan pastikan email sudah di-tes menggunakan spam testing tool,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya