Memahami Lutung Jawa dan Mengakhiri Spekulasi Penundaan Pemilu

Salah satu satwa endemik Pulau Jawa adalah lutung. Satwa yang semakin terancam populasinya itu dikenal cerdas namun pemalu. Mereka hidup berkelompok. Populasinya makin terancam kepunahan.
SHARE
Memahami Lutung Jawa dan Mengakhiri Spekulasi Penundaan Pemilu
SOLOPOS.COM - Empat ekor Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) kembali dilepasliarkan ke habitat alaminya oleh Balai Besar KSDA Jawa Timur (RKW 22 Malang) pada pertengahan Desember 2021. (Istimewa/Kementerian LHK)

Solopos.com, SOLO — Salah satu satwa endemik Pulau Jawa adalah lutung. Satwa yang semakin terancam populasinya itu dikenal cerdas namun pemalu. Seekor lutung jawa atau Trachypithecus auratus diamankan petugas Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam Banten di Serang, Banten, Selasa (25/1/2021).

Hewan dilindungi tersebut diamankan petugas setelah pendekatan persuasif kepada pemiliknya untuk dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya. Lutung jawa adalah satwa penghuni Pulau Jawa. Laman Biodiversity Warriors menjelaskan lutung jawa biasa hidup secara berkelompok senam ekor hingga 23 ekor per kelompok. Kisah lengkap bisa dibaca di Mengenal Primata Endemik Pulau Jawa yang Dikenal Cerdas Namun Pemalu.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkomitmen melanjutkan kampanye dan sosialisasi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Kampanye dan sosialisasi demikian telah dilakukan PBNU beberapa tahun belakangan.

PBNU juga bersedia menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia, salah satunya dengan Komisi Nasional Disabilitas (KND).

Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan pengurus baru PBNU dan Komisi Nasional Disabilitas  di Kantor PBNU di Jakarta pada Jumat (21/1/2022). Komisi Nasional Disabilitas mengunjungi PBNU dan diterima oleh Wakil Ketua Umum PBNU Sayyid Muhammad Hilal al-Aidid bersama Katib Syuriah PBNU Hilmy Muhammad. Duduk perkaranya bisa dibaca di PBNU dan KND Sepakati Gerakan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Penetapan jadwal pemungutan suara Pemilihan Umum 2024 pada 14 Februari 2024 memastikan tidak ada penundaan pemilihan umum seperti yang diwacanakan berbagai pihak. Penetapan jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 juga memastikan spekulasi tentang perpanjangan masa jabatan presiden telah berakhir.

Dua spekulasi itu kini tak menemukan konteksnya lagi. Dua-duanya tamat. Pemerintah, DPR, dan penyelenggara pemilu juga telah menyepakati hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024 adalah Rabu 27 Februari 2024. Silakan membaca di Spekulasi Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Jabatan Presiden Tamat.

WHO baru saja merilis data global tentang jutaan orang meninggal sebelum waktunya akibat polusi rumah tangga. Polusi rumah tangga itu dihasilkan dari proses memasak dengan kayu, batu bara, arang, kotoran, limbah tanaman, dan minyak tanah.

Indonesia termasuk negara dengan penghasilan rendah dan menengah terpadat yang menyumbang ketiadaan akses memasak bersih. Menurut data WHO, terdapat 2,6 miliar orang yang tidak memiliki akses ke makanan bersih. Data lengkap bisa dibaca di WHO: Jutaan Orang Meninggal Akibat “Dapur Ngebul”.

Temuan kerangkeng atau penjara manusia di rumah Bupati Langkat, Sumatra Utara, Terbit Rencana Perangin Angin, membuat heboh. Migrant Care melaporkan temuan itu kepada Komnas HAM dengan tujuh keterangan disertai bukti foto dan video.

Polda Sumatra Utara menyatakan kerangkeng dibangun sejak 2012 untuk tempat rehabilitasi pencandu narkoba dan kasus kenakalan anak. Belum ada izin pengadaan dan penggunaan tempat rehabilitasi tersebut. Silakan memahami duduk perkaranya di Kerangkeng Manusia dan Rehabilitasi Pecandu Narkoba Harusnya Bagaimana?

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan jurnalisme berkedalaman yang dilengkapi data dengan perspektif yang kuat dan terkait langsung dengan kepentingan membangun masyarakat yang kompeten. Silakan mendaftarkan diri di kanal Espos Plus agar bisa mengakses konten-konten premium tersebut.

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago