SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi pembuat jadwal. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi yang membuat kehidupan manusia semakin mudah, salah satunya inovasi aplikasi pembuat jadwal. Melalui aplikasi ini nanti Anda dengan mudah dapat mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan jadwal, sehingga tujuan atau pencapaian yang sedang ada buat segera direalisasikan dengan baik.

Tentunya, aplikasi pembuat jadwal ini nanti membutuhkan media tempat beroperasi yaitu smartphone. Smartphone sendiri merupakan telepon genggam yang hadir dengan fitur-fitur canggih untuk memudahkan kehidupan masyarakat, salah satunya berguna untuk mengakses aplikasi pembuat jadwal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan begitu, baik smartphone ataupun aplikasi menjadi media yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai kebutuhan dan kepentingan dalam kehidupan. Aplikasi pembuat jadwal tidak hanya baik untuk pelajar saja, akan tetapi juga bisa digunakan untuk para pekerja agar apa yang sedang dijadwalkan dapat tercapai.

Tips Membuat Jadwal Tanpa Aplikasi Pembuat Jadwal Khususnya Bagi Perusahaan

Ada kalanya sebuah perusahaan harus terus beroperasi melebihi jam kerja normal. Hal itu bisa terjadi ketika perusahaan tidak menerapkan kerja sif karyawan. Oleh sebab itu, menjadi penting adanya bagi perusahaan untuk memahami cara membuat jadwal kerja yang tepat.

Tidak hanya karyawan saja, akan tetapi pelajar pun juga harus bisa membuat jadwal sendiri sesuai dengan rutinitas kehidupan sehari-hari. Maka, inilah beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai referensi saat Anda membuat jadwal tanpa aplikasi pembuat jadwal.

1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Tips tanpa aplikasi pembuat jadwal sebelumnya yaitu dari tindakan. Menyesuaikan dengan kebutuhan yang dimaksud disini adalah melihat kebutuhan perusahaan serta kondisi karyawan bagi perusahaan yang membuat jadwal. Ini berlaku juga untuk individu karyawannya yang ingin membuat jadwal rutinitas sehari-hari, yaitu harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang utama didahulukan.

Baca Juga: Daftar MyPertamina Dulu, Sebelum Beli Pertalite Pakai Aplikasi

Untuk perusahaan sendiri, langkah awalnya harus meninjau secara langsung alasan perusahaan memerlukan jadwal kerja harian atau sif. Sebagai contoh jika perusahaan terus beroperasi dalam waktu 24 jam layaknya perusahaan di bidang pelayanan kesehatan atau jasa kirim, maka model 3 dari sif 4 dalam grup bisa diterapkan oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, perusahaan juga harus mempertimbangkan dari segi karyawan. Biasanya akan ditemukan hal-hal yang menjadi pendukung dari produktivitas karyawan itu sendiri. Akan tetapi, perl mengimbangi dengan waktu kerja yang memungkin seorang karyawan bekerja secara optimal.

Sedangkan, untuk individu perorangan baik itu pekerja ataupun pelajar, perlu juga untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Kebutuhan di sini dapat diartikan rutinitas yang penting harus diutamakan, sedangkan yang tidak penting bisa dikerjakan setelah yang penting atau utama terpenuhi.

2. Membuat Jadwal dengan Jelas

Tips lainnya yang bisa Anda ambil untuk referensi masukan yaitu buatlah jadwal dengan jelas, baik itu untuk perusahaan, perorangan seorang pelajar maupun perseorangan seorang karyawan. Tips membuat jadwal tanpa aplikasi pembuat jadwal ini harus dibuat dengan jelas, jika perusahaan maka harus menampilkan jam kerjanya.

Sedangkan, untuk pelajar prioritaskan jadwal penting dengan adanya waktu yang tertera dengan jelas, begitu pula dengan seorang karyawan yang harus membuat jadwal dengan jelas agar tujuannya dapat tercapai dengan maksimal.

Jika berbicara mengenai pembuatan jadwal dalam perusahaan, maka pembuatan jadwal kerja yang jelas bisa dilakukan dengan berbagai model, salah satunya yang sederhana saja. Akan tetapi, bisa dipahami oleh para karyawan dengan baik.

Selain jadwal waktunya, juga harus mencantumkan bagian pekerjaan dengan jelas, serta nama karyawan. Tips tambahnya ada baiknya sebagai pembuat jadwal di perusahaan Anda harus mencantumkan nama lengkap dari karyawan yang bersangkutan.

Baca Juga: Aplikasi Absensi Online, Solusi Efektif Mengatur Ratusan Karyawan

Jangan lupa pula mencantumkan posisi kerja dari masing-masing pekerja, ditambah hari kerja dan waktu kerja bagi para karyawan secara bergantian. Tidak ketinggalan juga durasi kerja harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar apa yang sedang direncanakan oleh perusahaan dapat berjalan dan terealisasikan dengan maksimal, sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam dan luar perusahaan.

3. Patuhi Perundangan yang Berlaku

Tips ketiga ini berlaku untuk semua lapisan tanpa membutuhkan aplikasi pembuat jadwal. Akan tetapi utamanya yaitu perusahaan yang sedang membuat jadwal karyawan. Sebagai contohnya, jika perusahaan tersebut menyusun jadwal karyawan dengan sif. Maka, sebelum menyusunnya harus memperhatikan dan mengacu pada peraturan yang berlaku.

Karena sebagai negara pemerintah telah mengatur cara membuat jadwal kerja karyawan dalam Undang Undang Ketenagakerjaan. Pada intinya undang-undang tersebut menyebutkan bahwa garis besar jadwal karyawan dari pemerintah mirip dengan sistem kerja full time.

Untuk enam hari kerja dalam seminggu seorang karyawan dapat bekerja tujuh jam dalam satu hari atau 40 jam satu minggu. Sedangkan untuk karyawan yang masuk kerja lima hari dalam satu minggu, maka bisa bekerja delapan jam dalam satu hari artinya sama saja 40 jam dalam seminggu.

Peraturan tersebut menegaskan bahwa karyawan sif juga mempunyai jam bekerja dengan batas maksimal 40 jam dalam seminggu. Oleh karena itu, perusahaan harus mengatur jadwalnya sedemikian baik agar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sebagai contohnya di perusahaan penerbangan, angkutan jarak jauh, pengeboran minyak lepas pantai atau pekerjaan di kapal laut. Adanya aturan khusus yang bisa diterapkan oleh perusahaan dalam membuat jadwal kerjanya masing-masing.

Tips Membuat Jadwal untuk Individu

Seperti halnya bagi perusahaan, pembuatan jadwal dengan adanya aplikasi pembuat jadwal untuk individu masing-masing sangatlah penting. Jadwal harian yang Anda buat nantinya akan sangat bermanfaat jika Anda menjalani keseharian dengan aktivitas yang sangat padat.

Anda tahu bukan jika waktu itu adalah sumber daya yang tidak dapat dibeli? Maka dari itu, Anda harus manfaatkan dengan baik dalam arti jangan menyia-nyiakan waktu begitu saja. Sehingga, Anda membutuhkan membuat sebuah jadwal yang disusun dengan baik. Hal ini menjadi sarana yang bermanfaat untuk mengatur kegiatan dari jam ke jam dan mencapai semua tujuan yang Anda inginkan.

1. Tuliskan Tugas Utama dan Pendukung

Ada banyak contoh template jadwal yang beredar di internet yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Salah satu yang tercantum saat menulis jadwal yaitu membedakan atau menulis terlebih dahulu mana pekerjaan atau tugas utama dan tugas pendukung.

Daftar ini bertujuan untuk Anda bisa memprioritaskan tugas yang mana terlebih dahulu yang harus dikerjakan. Sisihkan waktu kurang lebih setengah jam atau satu jam untuk pencatatan semua kegiatan sehari-hari, termasuk tugas utama dan pendukungnya.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaik 2022

Jika Anda mempunyai masalah pada daya ingat, maka cobalah siapkan buku kecil yang bisa dibawa kemana – mana untuk menulis catatan keseharian terlebih dahulu. Kemudian, Anda salin ke pokok tugas utama dan pendukungnya. Dengan adanya bantuan catatan kecil tersebut, Anda akan lebih mudah untuk membagi mana yang masuk dalam kegiatan atau tugas utama dan pendukung.

2. Menyusun Tugas Utama dan Pendukung

Tips selanjutnya setelah Anda berhasil membedakan atau menulis nama kegiatan utama dan pendukung. Langkah selanjutnya bisa dengan menyusun tugas utama terlebih dahulu, kemudian baru tugas pendukung.

Artinya Anda harus menyusun tugas utama yang paling penting dan harus dikerjakan terlebih dahulu, baru kemudian jika tugas utama sudah tertulis tuliskan tugas pendukung yang memang harus ditulis.

Hal ini membantu Anda untuk memprioritaskan kegiatan yang seharusnya dan memang dikerjakan untuk saat ini atau bisa dikerjakan setelahnya. Maka dari itu, buatlah jadwal atau susunan jadwal yang lebih teratur agar apa yang telah direncanakan untuk hari ini bisa tercapai dengan maksimal.

3. Tulis Durasinya

Setelah berhasil di tahap dua, selanjutnya lanjutkan untuk menulis lama durasi pengerjaan dari kegiatan tersebut. Durasi menjadi salah satu kunci penting Anda dalam membuat jadwal lebih teratur.

Dengan adanya durasi, maka setiap aktivitas yang dijalankan harus menyesuaikan. Sehingga, waktu tidak akan terbuang sia-sia. Selain itu, pencatatan durasi juga membantu menghemat waktu Anda serta menjadikannya lebih produktif sehingga setiap pekerjaan lebih cepat selesai.

4. Tulis Waktu Istirahat

Tips selanjutnya yaitu jangan lupakan menulis waktu istirahat. Banyak dari orang-orang yang mempunyai jadwal padat sering kali melupakan waktu istirahat. Padahal waktu ini sangatlah penting untuk membantu Anda dalam menyelesaikan rencana atau jadwal yang sudah dibuat.



Selain itu, waktu istirahat juga bisa membuat lebih menyenangkan walaupun sebenarnya tidak perlu banyak-banyak. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di layar monitor komputer dengan waktu lama, jeda dengan waktu istirahat yaitu 10 menit untuk istirahat setelah 40 menit Anda fokus di depan layar.

Anda tidak perlu khawatir jika waktu istirahat tersebut dapat dikategorikan membuang waktu, Karena waktu istirahat ini penting untuk menjaga kestabilan kefokusan dan mental yang sehat, artinya dapat mengurangi kadar stres. Ditambah waktu istirahat bisa mengembalikan konsentrasi.

5. Lakukan Teratur Agar Terbiasa

Tips atau cara selanjutnya bisa Anda lakukan dengan membuat jadwal dengan teratur atau konsisten sehingga akan menghasilkan sesuatu yang terbiasa. Jangan hanya menyusun jadwal sekali dua kali saja, Anda perlu lakukan ini sebagai rutinitas harian. Anda bisa menyusun jadwal yang sama setiap hari atau disesuaikan dengan prioritas kerja harian Anda.

Baca Juga: 4 Fungsi Aplikasi Kasir Super Pintar Untuk Menunjang Penjualan Anda

Kemudian, jangan lupa untuk menyimpan jadwal tersebut ditempat yang mudah untuk dijangkau atau dilihat. Hal ini bertujuan agar setiap harinya Anda melihat jadwal tersebut, sehingga akan terbiasa melakukan apa yang sudah tertulis pada jadwal tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Jadwal

Bagaimana sudah puas dengan tips-tips di atas? Jika Anda menginginkan kemudahan, baik bagi perusahaan atau perorangan Anda bisa menggunakan aplikasi pembuat jadwal yang memudahkan Anda dalam mengelolanya.

Salah satunya dari aplikasi pembuat jadwal dari Talenta. Aplikasi ini sebenarnya khusus digunakan untuk Anda yang sedang mengembangkan usaha, karena aplikasi ini membantu dalam proses manajemen kegiatan kerja yang lebih mudah.

Berbagai fitur ditawarkan untuk Anda seperti:

1. Fitur yang bisa digunakan untuk melakukan proses payroll serta transfer gaji dengan praktis.



2. Fitur yang berfungsi untuk mengatur absensi, lembur, dan sif kerja otomatis dan efektif.

3. Fitur pada aplikasi pembuat jadwal lainnya yaitu aplikasi chat bisnis berbasis cloud yang aman dan nyaman untuk melakukan komunikasi secara internal perusahaan.

Anda bisa mendapatkan aplikasi pembuat jadwal Talenta dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi, sebelum Anda membeli Talenta menyediakan layanan untuk mencoba tanpa perlu bayar. Anda bisa langsung mengunduhnya aplikasi pembuat jadwal di website resmi Talenta.co Bagaimana tertarik bukan? Segera nikmati fiturnya!





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya