[ X ] CLOSE

Melihat Pusat Budidaya Porang di Jatisrono Wonogiri

Budidaya tanaman porang kini mulai dilirik petani milenial
Melihat Pusat Budidaya Porang di Jatisrono Wonogiri
SOLOPOS.COM - Kepala Desa Jatisari, Jatisrono, Wonogiri, Teguh Subroto, menujukkan umbi kecil porang (katak porang) yang dijadikan bibit. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, WONOGIRI — Budidaya porang menghasilkan keuntungan banyak juga dinilai lebih mudah dibandingkan dengan tanaman lain. Budidaya tanaman porang kini mulai dilirik petani milenial.

Seperti terlihat di Pusat Budidaya Porang milik Kepala Desa Jatisari, Jatisrono, Wonogiri, Teguh Subroto. Sejumlah pemuda di desa itu turut dilibatkan dalam pembibitan porang. Para pemuda membuat media tanam untuk pembibitan porang.

Porang memiliki nilai jual yang cukup tinggi, selain diambil umbinya, buah (umbi) kecil disetiap daun porang atau disebut katak porang dapat dijual sebagai bibit.

 

Sejumlah pemuda di Desa Jatisari, Jatisrono, Wonogiri menyiapkan media tanam untuk pembibitan porang, Senin (18/10/2021). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Pemilik Pusat Budidaya Porang di Jatisari, Jatisrono, Wonogiri, Teguh Subroto, memilih umbi porang yang disiapkan untuk bibit tanaman porang. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Pupuk yang digunakan dalam membudidayakan porang didominasi jenis pupuk organik atau pupuk kandang. Pupuk jenis ini lebih mudah didapat karena rata-rata setiap petani mempunyai hewan ternak seperti sapi atau kambing.

Kepala Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono yang juga Dewan Penasehat Petani Penggiat Porang Nusantara (P3N) Cabang Wonogiri Teguh Subroto, mengatakan pada prinsipnya dalam membudidayakan semua tanaman mempunyai kesamaan yakni kebutuhan dasar yang harus tercukupi.

Selain itu, bibit tanaman porang relatif lebih mudah didapatkan. Karena setiap kali panen porang, di waktu yang bersamaan petani juga mendapatkan bibitnya. Bibit itu berwujud umbi kecil yang terdapat di setiap daun porang atau biasa disebut katak porang.

 

Bibit tanaman porang yang ditanam di Pusat Budidaya Porang, Jatisari, Jatisrono, Wonogiri, Senin (18/10/2021). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Kepala Desa Jatisari, Jatisrono, Wonogiri, Teguh Subroto, menunjukan ribuan meter sawah yang telah ditanam porang, Senin (18/10/2021). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago