SOLOPOS.COM - Unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo memindahkan pasir ke kotak kosong saat peletakan batu pertama pembangunan gedung pertemuan Budi Sasono, Sabtu (7/8/2021). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo mulai mengerjakan pembangunan Gedung Pertemuan Budi Sasono senilai Rp44,6 miliar. Proyek ini ditarget rampung 28 Desember 2021 mendatang atau 145 hari pengerjaan.

Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, meminta masyarakat iktu mengawasi dan mengawal proyek besar ini. Agus ikut hadir dalam acara ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan Gedung Budi Sasono itu pada Sabtu (7/8/2021). Hadir pula sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sukoharjo.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Anggaran pembangunan gedung pertemuan itu bersumber dari APBD Sukoharjo yang berasal dari pengumpulan beragam pajak dan restribusi yang dibayar masyarakat. “Silakan masyarakat ikut mengawasi pembangunan gedung pertemuan Budi Sasono sebagai fungsi kontrol. Setelah gedung rampung dikerjakan harus difungsikan secara maksimal untuk masyarakat,” kata dia, Sabtu.

Baca Juga: Kabar Baik! Tingkat Keterisian Bed di RSUD Sukoharjo Turun 10 Persen

Ekspedisi Mudik 2024

Waktu pengerjaan proyek pembangunan gedung Budi Sasono sangat mepet. Praktis, masa pengerjaan proyek hanya sekitar lima bulan. Pengerjaan proyek pembangunan gedung harus rampung pada akhir tahun.

Karena itu, pelaksana proyek harus mencermati sumber daya manusia (SDM) dan distibusi bahan material agar bisa rampung tepat waktu.

“Ada dua hal yang saya tekankan khususnya kepada pelaksana proyek yakni jumlah pekerja atau SDM serta mobilisasi bahan material. Jangan sampai pasokan bahan material terlambat sehingga mengganggu pengerjaan proyek pembangunan Gedung Budi Sasono,” ujar dia.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, meminta agar pelaksana proyek menitikberatkan pada kualitas dan kuantitas bangunan fisik. Kendati waktu sangat mepet namun pelaksana proyek bekerja profesional dan berkomitmen tinggi merampungkan pengerjaan proyek tepat waktu dan konstruksi fisik yang berkualitas.

Proyek Strategis

Etik menyebutkan pembangunan Gedung Budi Sasono merupakan salah satu proyek strategis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sukoharjo 2021-2026.

“Kapasitas gedung pertemuan Budi Sasono sekitar 2.500 orang. Ada beragam fasilitas di sekitar gedung seperti taman dan area parkir kendaraan bermotor. Masyarakat bisa memanfaatkan gedung untuk berbagai acara atau kegiatan dengan jumlah tamu ribuan orang,” ujar dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo, mengatakan pelaksana proyek pembangunan Gedung Budi Sasono adalah PT Chimarder 777 dari Semarang. Bowo dan pelaksana proyek bakal mengevaluasi progres pengerjaan proyek secara berkala.

Baca Juga: Mega Proyek Gedung Pertemuan di Sukoharjo Senilai Rp55 Miliar Siap Dibangun, Ini Lokasinya!

“Sebenarnya, proyek pembangunan gedung Budi Sasono direncanakan dikerjakan pada 2020.Lantaran muncul pandemi Covid-19, pengerjaan proyek ditunda pada 2021,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya