SOLOPOS.COM - Megawati dan Prananda Prabowo. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. (dok/PDIP)

Solopos.com, JAKARTA - Sosok putra Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo, muncul dalam acara peresmian patung Presiden ke-1 Sukarno di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pekan lalu. Prananda mendampingi Megawati bersama Menhan, Prabowo Subianto, meresmikan patung Sukarno.

Kehadiran Prananda mendampingi Megawati mencuri perhatian. Sebab, Prananda diketahui jarang tampil di publik. Dan biasanya Puan Maharani-lah yang mendampingi Megawati dalam berbagai acara.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

"Belakangan ini, Mega berusaha menampilkan peran Prananda, yang selama ini berada di balik layar. Mega ingin kehadiran Prananda di ruang publik bisa memperkuat level pengenalan publik," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs, Ahmad Khoirul Umam, kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Pekan Ini, Arab Saudi Umumkan Kepastian Ibadah Haji 2021

Ekspedisi Mudik 2024

Umam khawatir kemunculan Prananda berimbas buruk bagi PDIP sendiri. Bukan tak mungkin kehadiran Prananda membuka potensi kubu-kubuan di kalangan internal PDIP.

"Tapi memang kehadiran Prananda ini dikhawatirkan membuka potensi faksionalisme dan berhadapan dengan kekuatan Puan. Karena itu, stabilitas internal PDIP ke depan akan sangat bergantung pada sikap Megawati," sebut Umam.

Lebih lanjut Umam mengingatkan potensi saling sikut antara kubu Prananda dan Puan harus diantisipasi oleh PDIP. Potensi benturan antarkubu itu bahkan sangat terbuka untuk terjadi jika peran Megawati melemah.

Dana Haji Capai Rp150 Triliun, BPKH Jamin Tidak untuk Infrastruktur

 

Peresmian Patung

"Di sinilah yang harus diantisipasi. Jika peran Mega mulai melemah, PDIP berpotensi rentan mengalami benturan antarkepentingan dan kelompok internalnya," ucap Umam.

Seperti diketahui, Prananda merupakan salah seorang elite PDIP yang mendampingi Megawati dalam peresmian patung Sukarno di kantor Kemenhan. Selain Prananda, Megawati didampingi Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDIP, Yasonna H. Laoly.

Dalam acara peresmian, Prananda juga mendampingi Megawati saat hendak memberikan sambutan. Prananda mengantarkan Megawati menuju podium untuk memberikan sambutan.

Pekan Ini, Arab Saudi Umumkan Kepastian Ibadah Haji 2021

Prananda jarang tampil sendiri. Penampilan Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital DPP PDIP itu ke publik lebih sering karena mendampingi sang ibunda.

Prananda kerap mendampingi Megawati saat di Kongres maupun rakernas PDIP. Dia juga sering terlihat menemani Presiden ke-5 RI itu menerima gelar honoris causa, di Indonesia, Jepang, hingga Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya