SOLOPOS.COM - BTS. (Bighit Music)

Solopos.com, SOLO-Saat banyak ARMY kecewa lantaran boyband BTS tidak memenangi satu pun penghargaan di ajang Grammy Awards 2023, baik fandom dan media Korea, berbagi bahwa  hal ini bukanlah berarti kegagalan grup. Simak ulasannya di kabar artis Korea Selatan kali ini.

Pada Grammy Awards 2023, BTS masuk dalam sejumlah nominasi antara lain kategori Best Pop Duo or Group Performance untuk tembang My Universe, lagu kolaborasi dengan band rock Inggris Coldplay. Mereka juga masuk dalam kategori Best Music Video untuk Yet to Come dan Album of The Year untuk Music of the Spheres di Grammy Awards ke-65 yang berlangsung di Los Angeles pada Minggu (5/2/2023) waktu Amerika Serikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, tak satupun dari kategori Grammy itu berhasil diraih BTS. Demikian seperti disiarkan Yonhap, Senin (6/2/2023).

Dikutip dari koreaboo.com pada Senin (6/2/2023), ajang Grammy, Billboard Music Awards, dan American Music Awards, dianggap sebagai tiga upacara penghargaan musik utama Amerika. Sifat dari ketiga upacara tersebut berbeda karena Billboard Music Awards menentukan pemenang berdasarkan kinerja tangga lagu, sedangkan American Music Awards menentukan pemenang melalui pemilihan umum.

Jika dua upacara penghargaan berfokus pada nilai dan popularitas, Grammy ditentukan oleh suara dari anggota Recording Academy, lebih mementingkan musikalitas. Jika BTS memenangkan GRAMMY, itu berarti musikalitas mereka, bukan aktualitas atau popularitas, juga akan diakui. Memenangkan Grammy juga akan menjadi tambahan yang bagus, karena mereka telah mendominasi tangga lagu utama dan upacara penghargaan di seluruh dunia.

Namun hanya karena BTS tidak memenangi satu pun kategori Grammy bukan berarti musikalitas mereka tidak diakui. Pasalnya, banyak artis yang mendapat pengakuan tanpa riwayat penghargaan Grammy. Dalam kasus ABBA, yang dinominasikan untuk Best Pop Duo/Performance bersama BTS, merupakan nominasi kedua mereka, namun mereka tidak menang. Namun tidak ada penggemar yang meremehkan pencapaian musikalitas ABBA hanya karena tidak memenangkan GRAMMY.

Ikon hip-hop Tupac, Katy Perry, dan Sia, yang mencapai tangga lagu Billboard di tahun 2010-an, juga tidak ada hubungannya dengan GRAMMY. Melihatnya secara langsung, tidak cukup untuk memprediksi kemenangan BTS untuk GRAMMY tahun ini. Pada tahun 2020 dan 2021, BTS menyapu dunia dengan “Dynamite” dan “Butter”. Di sisi lain, mereka merilis album PROOF pada tahun 2022 tetapi tidak mengarah ke aktivitas di seluruh dunia.
Sebaliknya, mereka lebih fokus untuk menutup dan mempersiapkan babak baru. Juga tanpa kesimpulan yang jelas tentang dinas militer, lebih banyak berita tentang masalah militer mereka yang dirilis daripada aktivitas musik. Meskipun demikian, GRAMMY memasukkan nama BTS ke dalam daftar. Meskipun mereka tidak berpartisipasi dalam upacara tahun ini, mereka terdaftar sebagai nominasi karena prestasi musik yang sebenarnya mereka raih sangat luar biasa.

Ada kemungkinan besar bahwa rekaman BTS seputar GRAMMY akan diistirahatkan untuk sementara waktu. Ini karena kegiatan sebagai kelompok penuh tidak memungkinkan karena wajib militer yang akan datang. Namun, tidak perlu merasa kecewa karena tidak menang, karena BTS sudah cukup menunjukkan dan membuktikan kemampuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya