SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan seusai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Solopos.com, JAKARTA—Media asing menyosoti reshuffle Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (15/6/2022). Sorotan itu terutama pergantian menteri perdagangan yang erat kaitannya dengan kelangkaan minyak goreng.

Presiden Jokowi kemarin melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi dan mengangkat mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri  Agraria dan Tata Ruang/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Pergantian Lutfi, sebagimana dikutip straitstimes.com, Kamis (16/6/2022), disebut karena kekecewaan Jokowi kepada Lutfi. Pasalnya, dia dinilai tidak mampu menahan kenaikan harga minyak goreng di dalam negeri selain terjadi kelangkaan di sejumlah provinsi.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Jadi Menteri, Ini Penggantinya di Pimpinan MPR RI

“Harga minyak goreng dibatasi pada bulan Februari dalam upaya untuk menekan harga, tetapi hal mendorong para pedagang untuk menimbun stok mereka. Akibatnya, terjadi kekurangan pasokan dan menimbulkan kritik terhadap pemerintahan Jokowi,” menurut kutipan media terbitan Singapura tersebut.

Media itu juga mengutip pernyataan Zulkifli yang mengaku punya pengalaman panjang dan berkontribusi pada upaya memastikan ketersediaan minyak goreng di mana saja di Indonesia. Sedangkan, South China Morning Post (SCMP) menurunkan  judul yang agak sinis atas pergantian Lutfi.

Media itu menulis dengan judul “Menteri Mafia Sawit Turun”: Jokowi Ganti Lutfi dalam Perombakan Kabinet.

Baca Juga: Dilantik Jadi Menteri Perdagangan, Ini Janji Pertama Zulkifli Hasan

Sama dengan straitstimes.com, SCMP juga menyoroti kegagalan Lutfi dalam menjamin ketersediaan minyak goreng akibat ulah mafia yang berada di belakangnya.

Sedangkan Zulkifli disebut sebagai mantan Menteri Kehutanan yang banyak mendapat kritikan karena gagal menghentikan kegiatan ilegal loging.

Lutfi disebut berada di bawah tekanan di tengah kenaikan harga minyak sawit dan keluhan praktik ‘mafia’.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Jokowi Reshuffle Kabinet, Media Asing Sorot Mendag Zulkifli Hasan dan Lutfi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya