SOLOPOS.COM - CDM Kontingen Indonesia ASEAN Para Games Solo 2022 Andi Herman optimistis target prestasi dapat tercapai saat jumpa pers di Media Center Utama APG, Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Lantai 5, Solo, Selasa (2/8) malam. (Egan/kemenpora.go.id)

Solopos.com, SOLO—Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia ASEAN Para Games (APG) XI Solo 2022 Andi Herman optimistis target prestasi dapat tercapai. Hal itu disampaikan saat mengadakan jumpa pers tentang update medali dan perjuangan atlet Indonesia di Media Center Utama APG, Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Solo, Selasa (2/8/2022) malam.

Keyakinannya tersebut didasarkan pada perolehan medali kontingen Indonesia dua hari ini sangat menjanjikan dan melegakan dari harapan yang dicanangkan.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Dua hari ini kita sudah mendapatkan 59 emas, 35 perak, 28 perunggu, total 122 medali. Dengan masih menyisakan empat hari lagi maka target 104 medali emas optimis tinggi bisa tercapai,” kata Andi Herman dilansir dari lamar resmi Kemenpora.

Baca Juga: Dukungan Penonton Bakar Semangat Tim Voli Duduk Putri Indonesia

Meski demikian, berdasarkan klasemen medali yang dirilis Kemenpora, perolehan medali Indonesia hingga menyelesaikan pertandingan Selasa (2/8) adalah 31 emas, 22 perak, 16 perunggu dengan total 69 medali.

Andi Herman mengatakan terjadi banyak dinamika di lapangan. Ada yang diproyeksikan dapat medali emas tetapi turun mendapat medali perak atau perunggu, namun sebaliknya ada yang diprediksi tidak dapat medali emas tetapi justru mendapatkan.

“Dinamika ada di lapangan, dan semua itu bentuk perjuangan para atlet. Ada yang diproyeksikan dapat medali tetapi turun demikian sebaliknya yang tidak diprediksi justru dapat di atasnya. Oleh karenanya empat hari ke depan ditambah atlet dalam kondisi siap bertanding, optimis target juara umum dapat tercapai,” tambahnya.

Baca Juga: Klasemen Medali Sementara APG 2022, Indonesia Memimpin dengan 21 Emas

“Mohon doanya, semoga target meleset, tapi meleset ke atas, jadi perolehan medali emas bisa lebih dari 104,” tutup Kajati Jateng itu.

Dalam jumpa pers kali ini juga menyertakan dua atlet yang berjuang, yaitu dari para atletik pelari Saptoyogo Purnomo dan atlet Basket Kursi Roda (Wheelchair Basketball) I Komang Suparta.

Saptoyogo Purnomo memang tidak asing lagi di para atletik yang sudah sering menghiasi olahraga disabilitas ini. Dua hari ini dia sudah menyumbangkan 2 emas, dan target pribadinya 3 emas.

Baca Juga: Malaysia Jadi Lawan, Suporter SMK Kompak Dukung Tim Goalball Indonesia

“Target personal saya 3 emas, sekarang sudah 2, yaitu kemarin 100M dan hari ini 200M. Besok akan ikut 400M semoga dapat emas, meskipun sebenarnya kalau dari target 3 emas itu yang satunya adalah estafet universal,” jelas Sapto.

Untuk I Komang Suparta, meskipun belum mempersembahkan emas namun hari ini di 3×3 baru dapat perunggu dan di 5×5 turut mengantarkan Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja dan besok akan melawan Filipina.

“Kami sudah mempersiapkan ini selama 7 bulan, meskipun belum dapat emas bersyukur dapat perunggu. Dan untuk 5×5 tadi bisa mengalahkan Kamboja, dan besok lawan berat Filipina, tetapi karena ini permainan tim maka kami utamakan dulu kekompakan, semoga kemenangan kita peroleh,” kata Komang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya