[ X ] CLOSE

MEA : Pemkot Jogja Intensifkan Pengawasan Tenaga Kerja Asing

MEA : Pemkot Jogja Intensifkan Pengawasan Tenaga Kerja Asing
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (http://www.powerrecruitment.net/images/downloaded/about_us.jpg)

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas  mengintensifkan pengawasan terhadap tenaga kerja asing seiring mulai berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Salah satu aspek pengawasan adalah pada izin tinggal dan izin bekerja,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja Hadi Muchtar, seperti dikutip Antara, Senin (18/1/2016).

Menurut dia, pengawasan terhadap izin tinggal perlu diintensifkan karena warga asing mungkin memanfaatkan kondisi Kota Jogja sebagai tempat tujuan wisata.

Berdasarkan data, jumlah tenaga kerja asing yang tercatat bekerja di wilayah Kota Jogja mencapai 61 orang atau mengalami kenaikan cukup besar dibanding jumlah tenaga kerja asing pada awal 2015 yaitu sebanyak 26 orang.

Hadi memperkirakan, jumlah tenaga kerja asing yang bekerja di Kota Yogyakarta bisa terus bertambah, terlebih saat ini sudah diberlakukan MEA.

Sebagian besar tenaga kerja asing tersebut bekerja di sektor atau lembaga pendidikan sedangkan untuk sektor industri dan jasa tidak terlalu banyak.

Selain itu, lanjut dia, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan berkoordinasi dengan kepolisian dan imigrasi untuk membantu pengawasan terhadap tenaga kerja asing.

“Misalnya saja ada warga asing yang datang untuk berwisata, namun ternyata memanfaatkannya untuk bekerja. Tentu kami akan bertindak tegas dengan mendeportasinya,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Kota Jogja M Ali Fahmi mengatakan pengawasan terhadap keberadaan tenaga kerja asing sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran izin kerja dan izin tinggal.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago