SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenaga kerja asing. (JIBI/Solopos/Antara)

Tenaga kerja asing diprediksi bakal meningkat seiring pemberlakuan MEA 2015, padahal jumlah pengawas ketenagakerjaan masih minim.

Madiunpos.com, SURABAYA – Pemberlakuan MEA 2015 diprediksi bakal meningkatkan jumlah tenaga kerja asing. Padahal, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya menyatakan bahwa Kota Surabaya saat ini masih kekurangan tenaga pengawas ketenagakerjaan terutama untuk mengawasi pelanggaran admnistrasi tenaga kerja asing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Penetapan Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Kerja Disnaker Surabaya, Irna Pawanti mengatakan Pemerintah Kota Surabaya membuka kesempatan warga Surabaya yang ingin berkarya di bidang ketenagakerjaan. “Kami kekurangan sekali untuk tenaga pengawas ini, apalagi jumlah tenaga asing yang bekerja di Surabaya kan terus bertambah dan perlu ada pengetatan serta pengendalian terhadap mereka,” katanya Jumat (13/11/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mencontohkan satu pengawas di Disnaker harus mengawasi sekian banyak perusahaan dan tenaga kerjanya, terutama dalam hal kepatuhan administrasi seperti perpanjangan izin mempekerjakan tenaga asing (IMTA), atau pembayaran dana kompensasi atau retribusi US$100/orang/bulan kepada Pemkot Surabaya.

“Bahkan ada juga pengawasan terhadap tenaga asing dan tenaga pendampingnya. Misalnya  bidang pendidikan, ada satu guru asing yang harus memiliki guru pendamping dari orang lokal, kemudian setelah guru asing ini sudah selesai kontraknya, guru pendamping ini sudah tidak dipakai oleh perusahaan,” jelasnya.

Jelang MEA 2015
Diketahui, jumlah tenaga kerja asing di Surabaya saat ini sudah mencapai sekitar 2.000 tenaga kerja. Setiap tahun, rerata jumlah tenaga kerja asing bertambah sekitar 400 tenaga kerja.

Menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 ini, Pemkot Surabaya berupaya memproteksi tenaga kerja lokal agar tidak kalah dengan tenaga kerja asing melalui berbagai program, seperti pelatihan keterampilan, penyediaan failitas belajar bahasa, dan membantu memberikan sertifikasi keahlian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya