SOLOPOS.COM - Warga melihat kendaraan taktis (rantis) Maung 4 × 4 Pindad milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diuji coba di Kabupaten Wonogiri, Sabtu (29/10/2022). Rencananya, kendaraan ini digunakan mengangkut logistik Pemilu 2024 di daerah yang aksesnya sulit dilalui kendaraan biasa. (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Bernad Dermawan Sutrisno, berkunjung ke Wonogiri, Sabtu (29/10/2022). Dalam kesempatan itu, turut diujicobakan kendaraan taktis (rantis) pengangkut logistik Pemilu 2024 di Wuryantoro, Wonogiri.

Rantis yang diujicobakan itu, yakni Maung 4 x 4 Pindad. Rantis ini dibuat di Bandung, Jawa Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebut pengadaan kendaraan itu penting tapi tak diperuntukan bagi semua daerah. Rantis difungsikan mengangkut kotak dan surat suara ke daerah yang aksesnya sulit dijangkau dengan kendaraan biasa.

“Di Wonogiri jalannya sudah bagus, tidak butuh mobil ini. Tapi untuk distribusi logistik Pemilu di daerah tertentu sangat penting. Pada Pemilu 2019 lalu, di Lampung itu distribusi logistiknya pakai gerobak sapi,” kata Bernad kepada wartawan di Kantor KPU Wonogiri, Sabtu.

Ia meyakini rantis buatan anak negeri itu bisa menampung 90-100 kotak suara. Menurut perhitungannya, jumlah itu dapat menjangkau distribusi di 18-20 TPS di daerah yang sulit dijangkau.

Baca Juga: KPU Uji Coba Maung Buatan Pindad jadi Pengangkut Logistik Pemilu di Wonogiri

“Tapi kami belum bisa memastikan berapa jumlah rantis yang bakal diproduksi untuk kebutuhan Pemilu 2024 mendatang,” katanya.

Bernad Dermawan Sutrisno mengatakan Wonogiri menjadi kota/kabupaten keempat yang menjadi lokasi uji coba rantis. Ia memulai perjalanan itu dari Salatiga, Klaten, dan Boyolali.

“Ada sekitar 20-an kota/kabupaten di Jawa yang bakal kami kunjungi. Mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur lalu ke Jogja,” ucap Bernad.

Uji coba rantis KPU RI dilakukan di Desa Gumiwang, Kecamatan Wuryantoro, Sabtu sore. Kegiatan itu mendapat pengawalan dari Peleton Siaga 6 Polres Wonogiri.

Baca Juga: Selamat! 75 Anggota Panwascam Resmi Dilantik Bawaslu Wonogiri

“Pukul 16.30 WIB, Sekjen KPU RI beserta rombongan menuju lokasi offroad di Desa Gumiwang, Kecamatan Wuryantoro, untuk uji coba rantis. Setelah itu mereka meninggalkan Wonogiri. Selanjutnya menuju Ponorogo dengan pengawalan dari PJR Polda Jateng,” ucap Aiptu Iwan dalam keterangannya kepada Solopos.com.

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengatakan kunjungan Sekjen KPU RI tak sekadar menguji coba rantis untuk pendistribusian logistik Pemilu 2024. Tapi juga memastikan kesiapan KPU Wonogiri menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

“Sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM)-nya seperti apa. Kami jelaskan bahwa saat ini kami baru proses pengajuan hibah tanah untuk gudang seluas 3.000 meter persegi ke Pemkab Wonogiri. Lokasinya di sebelah selatan KPU,” kata Toto kepada wartawan, Sabtu.

Ia mengatakan Sekjen KPU RI berkomitmen membantu mewujudkan pembangunan gudang tersebut. Ia juga menilai pembangunan gudang itu penting lantaran KPU Wonogiri selama ini tak punya tempat yang cukup untuk menyimpan logistik Pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya