SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi mencicipi kopi. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Sejumlah pejabat negara Indonesia mulai Presiden Joko Widodo hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani ternyata juga memiliki kopi favorit. Nah mumpung merayakan Hari Kopi Internasional 2021, tak ada salahnya mencicipi minuman ini.

Sebelum membahas kopi favorit para pejabat negara Indonesia, terlebih dulu mari mengetahui sejarah Hari Kopi Internasional. Berdasarkan sejarahnya, Organisasi Kopi Internasional telah mendeklarasikan mulai 2014 setiap tanggal 1 Oktober dirayakan sebagai Hari Kopi Internasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip laman Detik.com, Jumat (1/10/2021), berikut kopi favorit dari pejabat tinggi Indonesia:

1. Joko Widodo

Pada 2017 lalu, Presiden Jokowi pernah mencicipi kopi terbaik di dunia. Kopi tersebut merupakan berasal dari Gunung Puntang. Momen tersebut dilakukan saat peresmian Tol Soroja di Bandung.

Setelah peresmian, Presiden Jokowi kemudian menyempatkan diri beristirahat di Warung Kopi ‘Sejiwa’. Lokasinya berada di Jalan Progo, Bandung, Jawa Barat. Momen itu dilakukan Jokowi bersama dengan para menteri dan Gubernur Jawa Barat saat itu Ahmad Heryawan. Saat itu, Presiden Jokowi pesan coffee latte.

Baca Juga: Dior Keluarkan Koleksi Busana Warna-Warni di Paris Fashion Week 2022

Setelah mencicipinya Jokowi mengaku puas dengan racikan coffee latte-nya. Sebab kopinya berasal dari Gunung Puntang, Jawa Barat. Momen itu pun dibagikan lewat Instagram.

“Ke warung kopi ‘Sejiwa’ di Jl Progo, Bandung. Saya tadi coba coffee latte. Di sini kopinya berasal dari Gunung Puntang Jawa Barat. Katanya, ini kopi terbaik dan termahal di dunia. Kopi kita juara. Raos pisan euy,” tulisnya.

2. Mahfud MD

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD juga merupakan penikmat ngopi. Bahkan momen ngopinya tersebut selalu dibagikan lewat Instagram maupun Twitternya.  Biasanya ia sering ngopi di kedai-kedai bersama teman sambil berdiskusi ringan. Seperti saat di Yogyakarta ia mampir ke Kopi Klotok. Begitu pun saat ke Manado.

Baca Juga: Hari Kopi Sedunia, Yuk Mengenal Tujuh Single Origin Indonesia

Di sana Mahfud MD menyambangi sebuah kedai kopi legendaris bernama Kopi Jarod. Bahkan Mahfud MD mengatakan kalau belum lengkap rasanya jika ke Manado tetapi tidak mampir ke Kopi Jarod.

3. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga punya kopi favorit. (Istimewa)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga punya kopi favorit. (Istimewa)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga hobi ngopi. Kopi favorit Prabowo adalah kopi hambalang. Hal tersebut diungkap lewat Podcast bersama Deddy Corbuzier. Prabowo menjelaskan tentang kopi favoritnya tersebut yang merupakan kopi jenis Arabika asal Bogor. Kopi ini memiliki semburat rasa fruity dan ada sensasi karamel manisnya.

4. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku kalau dirinya pecinta kopi. Dalam sehari, Sandiaga Uno bisa minum hingga dua cangkir. Ia mengatakan bahwa kopi dapat memberikan inspirasi untuknya. Kopi favorit Sandiaga Uno kopi hitam tanpa gula. Sandiaga sangat suka kopi dengan single origin bean.

Baca Juga: Insomnia Bisa Jadi Gejala Depresi, Kenali Tanda Lainnya

Lebih lanjut, ia juga mengatakan kalau ia suka kopi ArabikaMandheling yang bercita rasa asam dan fruity. Bicara soal kopi,Sandiaga juga punya kedai kopi langganan, yakni Kopi Es TakKie.

5. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani, melalui Instagramnya, mengungkapkan kalau dirinya menyukai kopi anaerob. Kopi anaerob merupakan kopi yang melewati proses fermentasi.

Kopi anaerob memiliki tekstur, rasa dan aroma berbeda dengan kopi biasanya. Rasanya lebih asam seperti wine dan dan ada cecapan rasa manis creamy dan teksturnya lebih kental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya