SOLOPOS.COM - Kopi merupakan salah satu makanan pengganggu tidur Anda (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Ada sejumlah makanan dan minuman pengganggu tidur sehingga bikin istirahat Anda tidak optimal.  Apa sajakah makanan pengganggu tidur itu?

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Tak sedikit pelaku diet milih tidak makan sebelum tidur. Tapi tidur dengan perut kosong dapat mengaktifkan kortisol, hormon stres. Di sisi lain, mengonsumsi makanan tertentu terlalu dekat dengan waktut tidur juga bisa mengganggu tidur Anda. Lalu sebaiknya bagaimana agar tidur pulas dan berat badan tidak naik?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ternyata ada sejumlah makanan pengganggu tidur yang sebaiknya dihindari atau tidak disantap pada saat Anda ingin beristirahat. Makanan ini bisa menyebabkan beragam gangguan sehingga istirahat tidak optimal.

Baca Juga: Wanita Ini Punya Dua Vagina, Ternyata Idap Kelainan Langka

Ahli diet terdaftar Julie Stefanski memaparkan camilan mana yang harus dipilih dan harus dihindari sebelum tidur. Berikut ini daftar makanan pengganggu tidur seperti dikutip dari Bisnis.com, Jumat (26/3/2021):

1. Makanan pedas

Jika Anda penggemar berat makanan pedas, Anda mungkin lebih baik menyimpannya untuk makan siang atau makan malam lebih awal. Pasalnya, makanan pedas bisa memicu refluks asam, bahkan di tengah malam setelah Anda terlelap.

Makanan pedas mengandung capsaicin tingkat tinggi. Bahan kimia ini akan meningkatkan suhu tubuh sehingga dapat jadi pengganggu tidur Anda.

2. Makanan Asam

Makanan asam juga bisa jadi makanan pengganggu tidur Anda.  Stefanski mencatat salah satu pendekatan terbaik untuk makan malam adalah mencoba dan menurunkan produksi asam lambung. Tidak makan terlalu dekat sebelum tidur akan membantu hal ini, dan tentu saja, menghindari makanan asam juga merupakan pilihan yang baik. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari gula, biji-bijian, produk susu dan daging tertentu, dan makanan yang dipanggang.

Baca Juga: Viral Murid Naksir Guru, Berakhir di Pelaminan Juga

3. Makan Besar Terakhir

Anda harus menghindari makan makanan apa pun dalam jumlah besar sebelum tidur. Mencoba tidur dengan perut buncit jauh dari nyaman, dan melanjutkan pencernaan sepanjang malam membutuhkan energi. Makan siang yang lebih besar dan makan malam yang lebih ringan cenderung membantu tidur lebih cepat.

4. Minuman Berkarbonasi dan Berkafein

Perlu diingat kopi bukan satu-satunya minuman berkafein yang harus dihindari sebelum tidur. Soda dan teh berkafein juga jadi pengganggu tidur Anda. Minuman berkarbonasi, jelas Stefanski, juga bisa mengganggu pencernaan dan menyebabkan naiknya asam lambung.

5. Alkohol

Stefanski mencatat bahwa alkohol terkenal jadi makanan pengganggu tidur. Bukan itu saja, alkohol juga bisa membuat bangun keesokan paginya jauh lebih sulit karena efek hangover.

6. Makanan Digoreng & Berlemak

Makanan yang digoreng dan berlemak juga diketahui memicu refluks pada malam hari. Lemak sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian atau alpukat sebenatnya boleh saja. Namun, jika menyangkut lemak jenuh dan makanan yang digoreng, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan refluks asam — tidak ada yang bagus untuk tidur nyenyak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya