SOLOPOS.COM - Petugas berjalan di area Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jumat (4/6/2021). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, BOYOLALI — Pengelola Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) memutuskan untuk menutup objek wisata selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Langkah tersebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung.

Pantauan Solopos.com di laman instagram @indrokilo.botanicalgarden diumumkan adanya kebijakan penutupan yang dilakukan pada Sabtu (25/12/2021) dan Jumat (31/12/2021) serta Sabtu (1/1/2022). Di pengumuman tersebut disebutkan penutupan dilakukan bertujuan untuk perawatan area kebun raya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Halo kawan KRIB. Menginformasikan bahwa Kebun Raya Indrokilo akan TUTUP pada tanggal 25 Desember 2021 dan 31 Desember 2021 s/d 1 Januari 2022. Karena akan dilakukan maintenance area kebun raya. Buka kembali di tangggal 26-30 Desember 2021 dan 2 Januari 2022. Mohon maklum dan terima kasih,” demikian tulisan yang diunggah admin @indrokilo.botanicalgarden yang dikutip Sabtu (25/12/2021).

Baca juga: Tempat Wisata Menarik di Boyolali, Pemandangannya Bikin Susah Move On

Terkait penutupan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Lusia Dyah Suciati, membenarkan adanya kebijakan penutupan di momen Nataru. Dia mengatakan penutupan sementara merupakan kebijakan dari Pemkab Boyolali dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerumunan di lokasi wisata perkebunan itu.

“Benar ada penutupan sementara. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang bisa menyebabkan kerumunan guna mencegah persebaran Covid-19. Apalagi ada varian Omicron yang perlu diwaspadai,” jelas dia, Sabtu.

Reservasi Melalui Aplikasi

Sementara itu, di luar jadwal yang sudah diumumkan, Kebun Raya Indrokilo Boyolali tetap beroperasi secara normal. Menurut Lusia, KRIB hanya tutup di momen hari perayaan Natal dan Tahun Baru. Sehingga, pada tanggal 26-30 Desember 2021 dan 2 Januari 2022 KRIB sudah kembali menerima kunjungan.

Baca juga: Objek Wisata di Boyolali Boleh Buka Saat Nataru, Tapi…

Sebelumnya, DLH Boyolali sebagai pengelola KRIB memutuskan untuk membatasi jumlah kunjungan dengan menerapkan sistem sif. Hal ini lantaran selama beberapa pekan terakhir, jumlah kunjungan KRIB saat akhir pekan meningkat drastis dibandingkan sebelumnya.

KRIB menerapkan sistem reservasi melalui aplikasi Si Boy -Sahabat Indrokilo Boyolali- dengan membagi jadwal kunjungan sebanyak tiga sif selama sehari. Sif pertama dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB, sif kedua pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB, dan sif ketiga dimulai pukul 13.00 WIB hingga 15.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya