top ear
Ilustrasi pernikahan. (Freepik.com)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi pernikahan. (Freepik.com)

Mau Nikah? Ini Doa Membangun Rumah Tangga Menurut Islam

Inilah doa membangun rumah tangga menurut Islam.
Diterbitkan Selasa, 14/01/2020 - 21:25 WIB
oleh Solopos.com/Ginanjar Saputra
2 menit baca

Solopos.com, SOLO — Membangun rumah tangga memang tak semudah membangun istana pasir. Diperlukan perjuangan antara suami dan istri agar rumah tangga selalu harmonis.

Menurut Mustasyar Nahdlatul Ulama, K.H. Sya’roni, dalam Tafsir Al-Qur’an di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, 15 Juni 2016 silam, ada doa untuk membangun rumah tangga.

Menurutnya, ketika membangun rumah tangga, sebaiknya mengamalkan bacaan doa Nabi Ibrahim yang tertuang pada Alquran Surat Ibrahim ayat 37.

Rabbana inni askantu min dzurriyatii biwaadin ghoiri dzi zar’in ‘inda baitikal harami, rabbana liyuqimush sholata faj’al if-idatam minannasI tahwii ilaihim warzuqhum minats tsamaraati la’allahum yasykuruun.

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

“Doa Nabi Ibrahim ini dibaca sebanyak 313 kali dalam setiap waktu dengan maksud supaya diberi kelapangan rezeki oleh Allah. Bila dilakukan berdua, jumlah tersebut dibagi dua membacanya. Bila dibaca berjamaah 313 orang, cukup dibaca satu kali. Kalau sendirian ya 313 kali bacanya,” ujar Sya’roni seperti dikutip pada laman resmi NU, Nu.or.id.

Sya’roni menjelaskan doa Nabi Ibrahim itu sangat mujarab. Buktinya, kota Mekkah yang kering tanpa adanya pepohonan, masih banyak tersedia ragam buah-buahan yang hingga sekarang bisa dinikmati jamaah haji yang datang.

“Semua ini berkat Nabi Ibrahim yang memohon rezeki kepada Allah untuk penduduk Mekkah dengan bacaan dalam ayat tersebut,” imbuhnya.

Sya’roni juga mengingatkan agar tak lupa membaca yang diawali dengan rabbana taqobbal minna innaka antas samii’ul ‘alim sesuai salat. Doa itu untuk meminta agar ibadah diterima Allah.

“Sebab amal utama menurut Sayyidina Ali itu ibadah yang diterima. Karenanya, utamakan membaca doa rabbana taqobbal minna innaka antas samiiul ‘aliim ini usai beribadah,” jelas Sya’roni.


Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini