SOLOPOS.COM - Bukit Mongkrang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. (Instagram/@bukitmongkrang.2194mdpl)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bagi Anda yang pernah mendaki Gunung Lawu, pasti mengetahui Bukit Mongkrang. Bukit Mongkrang ini menyimpan keindahan alam yang sayang dilewatkan saat ada berada Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar.

Bukit Mongkrang bisa dibilang destinasi wisata minat khusus karena tidak semua orang bisa ke sana. Kebanyakan yang datang adalah pecinta alam atau orang yang gemar mendaki. Pasalnya, untuk mencapai Bukit Mongkrang memang dibutuhkan usaha lebih seperti mendaki gunung, karena memang lokasinya cukup tinggi dengan melewati jalur pendakian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, begitu sudah sampai, segala usaha yang kita lakukan akan terbayar dengan keindahan alam yang bisa kita nikmati seharian.

Betapa tidak, berada di ketinggian sekitar 2.194 mdpl, Bukit Mongkrang menawarkan hawa sejuk dibalut keindahan alamnya akan membuat siapa pun takjub.

Baca Juga: Pengunjung Grojogan Sewu Tawangmangu Naik 2 Kali Lipat

Sepanjang jalan mendaki ke puncak, Anda akan disuguhi pemandangan padang ilalang yang dapat dijadikan spot foto. Hal ini menjadi salah satu keunikan jalur pendakian Bukit Mongkrang, Karanganyar, karena tidak ada pepohonan di sekitarnya.

Jadi jika mendaki siang hari, pastikan Anda membawa topi agar tidak terlalu terpapar terik sinar matahari.

Padang ilalang berwarna hijau kekuningan itu sangat mendukung sebagai latar belakang foto. Selain itu pesona bukit ini adalah jalan setapak berliku dengan latar pegunungan di sekitarnya.

Pendaki bisa melihat dengan jelas Gunung Lawu yang tinggi menjulang sertaa kepulan asap belerang dari Kawah Candradimuka dari bukit ini.

Biasanya pendaki Bukit Mongkrang hanya sampai di Bukit Candi. Padahal, itu baru setengah jalan. Untuk menuju puncak Bukit Mongkrang masih harus melewati lembah yang memisahkan Bukit Candi dan puncak Bukit Mongkrang.

Orang-orang menyebut lembah itu adalah lembah sadelan, yang diambil dari kata sadel yang berarti pelana. Dilihat dari jauh, lembah ini memang mirip pelanan kuda.

Lokasi

Bukit Mongkrang berlokasi di Tlogo Dringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Rute perjalanan paling mudah ditempuh dari arah Karanganyar maupun Matesih.

Selanjutnya Anda bisa menempuh perjalanan hingga ke pos pendakian Gunung Lawu di Cemara Kandang. Butuh waktu sekitar satu jam mendaki ke puncak Bukit Mongkrang Kaaranganyar dari Cemara Kandang.

Tiket masuknya cukup terjangkau, sekitar Rp10.000/orang. Jika ingin berkemah, maka harga tiketnya sebesar Rp15.000/orang.

Baca Juga: Memotret Fenomena Kafe Rooftop yang Menjamur di Tawangmangu

Jika Anda memiliki rencana berkemah di sana, pastikan membawa perlengkapan sendiri demi menjaga kebersihan. Selain itu jangan membuat api unggun maupun membuang puntung rokok sembarangan. Kondisi bukit yang diselimuti ilalang itu membuatnya rawan terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya