SOLOPOS.COM - Ilustrasi Festival Prawirotaman di Kota Yogyakarta. (ANTARA/HO-Ig @pariwisata.jogjakota)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan menggelar Festival Prawirotaman di sepanjang Jalan Prawirotaman Jogja pada Sabtu (27/8/2022) mulai pukul 15.00 WIB.

Festival Prawirotaman tersebut untuk menunjukkan potensi dan eksistensi Kampung Prawirotaman di tengah kunjungan wisatawan mancanegara meningkat di kota tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Festival ini akan kami gelar pada akhir bulan, tepatnya 27 Agustus di sepanjang Jalan Prawirotaman untuk menyambut banyaknya wisatawan mancanegara yang mulai berkunjung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, di Yogyakarta, Senin (22/8/2022).

Kampung Prawirotaman selama ini dikenal sebagai kampung internasional. Banyak turis mancanegara berkunjung ke kampung tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Wahyu, perlu digelar acara atau festival untuk semakin menunjukkan potensi wisata dan budaya serta keunikan Kampung Prawirotaman kepada wisatawan, khususnya mancanegara.

Baca Juga : Wow! Ada Festival Cinta di Jogja, Seperti Ini Acaranya

Kegiatan festival di Kampung Prawirotaman tahun ini mengambil tema Manunggal Mendunia. Festival tersebut akan diisi berbagai acara, seperti pertunjukan seni budaya, parade budaya, bazar, dan orkestra.

“Kami berharap dapat menjalin kebersamaan seluruh elemen pariwisata di kampung tersebut sehingga pariwisata terus bangkit sekaligus menguatkan nilai-nilai tradisi yang menjadi keutamaan di Prawirotaman,” ujarnya.

Wahyu mengklaim kenaikan harga tiket pesawat tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Kota Jogja. Wisatawan mancanegara bisa menempuh jalur darat setelah mendarat di Jakarta atau Surabaya.

“Yogyakarta masih bisa ditempuh dari jalur darat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan dengan bus pariwisata. Jadi, kenaikan harga tiket pesawat tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan,” ungkapnya.

Sepanjang Januari hingga akhir Juli 2022, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat kunjungan wisatawan mencapai 3,9 juta orang. Data tersebut berdasarkan tingkat okupansi hotel di kota tersebut.

Baca Juga : Liburan ke Jogja? Catat! Ini Titik Rawan Kecelakaan & Kemacetan di DIY

“Hitungan tersebut sudah termasuk wisman dan wisatawan domestik. Tetapi, kami belum memasukkan wisatawan one day trip ke Yogyakarta,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya