SOLOPOS.COM - Ilustrasi/detikcom

Ilustrasi/detikcom

JAKARTA—Sepintas, urusan main musik tidak ada hubungannya dengan berat badan. Tetapi para ahli mengatakan, kunci untuk menurunkan berat badan sama seperti kunci yang dipakai untuk memainkan piano dengan melodinya yang indah. Kunci apakah itu?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kunci yang dimaksud tentunya bukan kunci G, A-minor dan sebagainya yang merupakan chord atau gabungan nada seperti yang dipakai saat memainkan musik. Ialah disiplin yang menjadi kunci sukses, baik saat main musik maupun menurunkan berat badan.

Sama seperti saat main musik, menurunkan berat badan juga butuh disiplin dan perubahan perilaku yang ketat. Setidaknya inilah yang disampaikan oleh para pakar weight-loss management dari Loyola University seperti dikutip dari Indiavision, Rabu (2/1/2013).

“Perubahan perilaku adalah dasar dari penurunan berat badan yang sehat dan sukses. Butuh sedikitnya 3 bulan untuk memulai perubahan tersebut. Sama seperti belajar main musik dari guru yang ahli, menurunkan berat badan juga harus dilakukan bersama orang yang profesional,” kata Jessica Bartfield dari Loyola University.

Seperti pesan para ahli kesehatan lainnya, Bartfield juga menekankan tidak pernah ada hasil instan dalam sebuah upaya menurunkan berat badan. Butuh proses yang tidak sebentar sehingga harus dijalani dengan kesabaran ekstra jika ingin hasilnya memuaskan.

“Anda butuh latihan dan akan melakukan beberapa kesalahan sampai bisa melakukannya dengan benar,” lanjut Bartfield.

Usaha untuk menurunkan berat badan memang tidak pernah mudah. Meski klinik yang menawarkan berbagai program penurunan berat badan laris manis di Amerika Serikat, diperkirakan hanya sekitar 20 persen pasien yang sukses menikmati hasil yang diharapkan.

“Saat belajar main piano, Anda berharap jika memencet nada yang salah beberapa kali maka selanjutnya akan bersiap untuk mencobanya lagi dan terus bermain. Anda butuh harapan yang sama ketika ingin menurunkan berat badan dan membuat perencanaan yang sesuai,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya