SOLOPOS.COM - Ilustrasi cari beasiswa kuliah luar negeri (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di luar negeri melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2022 telah resmi dibuka pada Sabtu (12/3/2022).

Program pertukaran mahasiswa yang berafiliasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini menarik bagi mahasiswa yang ingin mencicipi kuliah di luar negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir dari buku pedoman resminya pada Senin (14/3/2022), IISMA bertujuan membuka kesempatan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, khususnya semester 4-7 program sarjana strata satu atau S1 untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi bereputasi di dunia.

Baca Juga : Cari Beasiswa Kuliah di Luar Negeri, Ini Tahapannya

Harapannya, penerima beasiswa tersebut dapat memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensi di dunia nyata sesuai minat dan cita-cita. Nantinya dapat menjadi agen-agen unggul yang berdaya dan berkontribusi demi kemajuan bangsa.

Keuntungan yang diperoleh apabila berhasil menjadi penerima beasiswa IISMA ini antara lain:

1. Uang pendaftaran dan SPP (at cost) yang akan dibayarkan langsung ke perguruan tinggi mitra luar negeri.

2. Biaya perjalanan berupa tiket pesawat pulang pergi kelas ekonomi dari kota asal di Indonesia ke kota tujuan belajar (at cost).

3. Biaya hidup bulanan di negara tujuan belajar sesuai ketentuan Kemdikbud.

4. Asuransi kesehatan selama mengikuti program pertukaran mahasiswa luar negeri.

5. Biaya tes PCR sebelum berangkat ke negara tujuan dan saat akan kembali ke Indonesia jika diperlukan.

6. Biaya penerbitan visa negara tujuan.

7. Biaya bantuan keadaan darurat mahasiswa secara kolektif.

8. Pengalaman dan teman baru dari berbagai penjuru dunia.

Dari akun Instagram resmi @iisma_ri disebutkan beberapa hal nonteknis yang harus dilakukan sebelum mendaftarkan diri pada program ini. Hal-hal tersebut sebagai berikut:

1. Melatih dan Mempraktikkan Bahasa Inggris Secara Rutin

Persyaratan umum pelamar IISMA, yakni memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor resmi minimum IELTS 6.0, TOEFL iBT 78, Duolingo English Test 100 atau TOEFL ITP 550.

Berlatih Bahasa Inggris juga mesti dilakukan agar terbiasa dengan kultur pembelajaran dan lingkungan berbahasa Inggris di mitra kampus yang dituju.

2. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Secara Personal

Memetakan potensi dan kelemahan diri merupakan hal yang penting. Pendaftar IISMA diharapkan mampu mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki sehingga dapat menjadi poin plus untuk memikat hati tim penyeleksi.

Selain itu, kelemahan diri yang teridentifikasi dapat dijadikan sebagai tantangan untuk dapat terus belajar dan berkembang menjadi pribadi lebih baik.

3. Menggali Informasi tentang Universitas yang Hendak Dituju

Setidaknya terdapat lebih dari 70 universitas luar negeri yang menjadi mitra IISMA tahun 2021. Calon pendaftar harus tahu, universitas apa, di negara mana, dan bagaimana sistem pembelajaran yang ditawarkan di sana sehingga dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang.

4. Mempelajari Bahasa Dasar (bahasa ibu) dari Universitas yang Hendak Dituju

Setiap negera pasti memiliki bahasa tersendiri. Bahasa yang berperan utama sebagai media menjalin komunikasi, termasuk hal yang mesti diperhatikan oleh pendaftar IISMA 2022.

Penguasaan terhadap bahasa dasar/ibu yang digunakan di negara asal universitas tujuan sangat penting untuk menunjang kelancaran bersosialisasi dan beradaptasi dengan berbagai macam hal di sana.

Anda dapat mengakses informasi tersebut melalui laman site.iisma.id atau kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya