SOLOPOS.COM - Dokumentasi salah satu kegiatan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Boyolali, baru-baru ini.(Istimewa/Patelki Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI – Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Boyolali akan menyelenggarakan cek darah gratis di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali pada Hari Kartini, Kamis (21/4/2022). Cek darah gratis untuk mengetes gula darah, asam urat, dan Hemoglobin (Hb).

Ketua Patelki Boyolali yang juga tenaga kesehatan di PMI Boyolali, Puji Astuti, mengatakan kegiatan cek darah gratis tersebut sejatinya untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-36 Patelki. Menurutnya, kegiatan tersebut akan dimulai pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau tes gula darah, asam urat, dan Hb jika bayar kan Rp60.000, untuk besok gratis. Kemudian besok ada donor darah, ada juga kegiatan Patelki Peduli ke panti asuhan, buka bersama, penyediaan takjil, dan buka puasa bersama,” kata dia kepada Solopos.com via WhatsApp, Selasa (19/4/2022).

Ia mengungkapkan tanggal ulang tahun Patelki sebenarnya 26 April tapi kali ini perayaannya dimajukan pada 21 April sekaligus merayakan Hari Kartini.

Baca juga: Tak Hanya Bonsai, Seno Gede Beli Lukisan Ayam Jago Boyolali, Berapa?

“Kebetulan juga anggota kami kebanyakan Kaum Hawa, jadi sekalian saja kami peringati bersama Hari Kartini dan HUT kami. Karena banyak anggota perempuan, maka kami sering mendapatkan julukan Srikandi Merapi,” ungkap dia.

Meringankan Beban Bersama

Puji menjelaskan cek darah gratis tidak hanya menyasar kepada perempuan tapi juga boleh diikuti para laki-laki.  Lebih lanjut, Puji mengatakan tujuan dari rangkaian kegiatan ulang tahun Patelki tersebut untuk meringankan beban sesama.

Selain itu, kegiatan tersebut juga ingin mengedukasi masyarakat terkait kesehatan dan menentukan asupan makanan dan minuman yang tepat pada Ramadan.

Puji berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran anggota untuk membantu dan peduli terhadap sesama. Kemudian menumbuhkan empati para anggota Patelki sehingga menjalankan hidup dan pekerjaan secara bermakna.

Baca juga: Daftar 19 Tempat Penukaran Uang Baru di Boyolali dan Jadwalnya

“Saya juga berharap dengan adanya pemeriksaan darah gratis, masyarakat yang telah diperiksa mengerti status kesehatannya sehingga akan menerapkan pola hidup yang lebih sehat dan baik,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya