Mau Bikin Tangga di Rumah, Ini 7 Bentuk Paling Populer

Setiap model tangga memiliki ciri khas tersendiri, itu semua disesuaikan dengan desain bangunan rumahmu. Kamu tidak bisa sembarangan dalam menentukan model tangga rumah.
Mau Bikin Tangga di Rumah, Ini 7 Bentuk Paling Populer

Solopos.com, SOLO – Untuk kamu yang memiliki rumah berlantai lebih dari satu, wajib adanya tangga untuk menghubungkan setiap lantai. Tangga rumah berfungsi sebagai alat bantu yang memudahkan kamu untuk berpindah dari lantai bawah ke lanntai atas atau sebaliknya.

Ada berbagai model atau bentuk tangga rumah yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Setiap model tangga memiliki ciri khas tersendiri, itu semua disesuaikan dengan desain bangunan rumahmu. Dan kamu tidak bisa sembarangan dalam menentukan model tangga rumah.

Baca Juga: Menata Interior Properti untuk Bangkitkan Semangat Baru

Di bawah ini akan dijelaskan tujuh bentuk tangga rumah paling populer dilansir dari 99.co pada Kamis (08/07/2021) yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menentukan bentuk tangga mana yang cocok di rumahmu:

1. Bentuk tangga lurus
Sesuai namanya, ciri tangga ini dapat mudah dikenali dari bentuknya yang lurus memanjang dari bawah ke atas tanpa ada kelokan. Selain dikenal sebagai tangga lurus, ternyata jenis tangga ini juga dikenal dengan nama One Wall Stair. Kamu pasti sering melihat model tangga yang satu ini. Biasanya model ini dipakai di rumah-rumah minimalis.

2. Tangga berbelok bentuk L
Alasan penamaan demikian karena bentuknya yang berbelok sekitar 90 derajat pada salah satu sudut, persis seperti huruf L. Kelebihan utama dari tangga berbentuk huruf L ini yakni tak memakan terlalu banyak lahan sehingga cocok digunakan pada hunian yang tak terlalu luas. Selain itu, bagian bawah tangga ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang lo.

Punya Nilai Estetika

3. Tangga berbalik arah bentuk U
Model tangga ini memiliki perbedaan dengan tangga L dari segi kelokannya yang mencapai 180 derajat. Tapi, ruang bawah tangga jenis ini jauh lebih luas dibandingkan tangga jenis L. Biasanya jenis tangga ini juga digunakan pada hunian-hunian bertingkat yang ukurannya tak terlalu luas.

4. Model tangga bercabang bentuk Y
Kalau kamu bingung seperti apa bentuknya, cobalah perhatikan bentuk huruf Y. Begitu juga bentuk tangga ini aslinya. Jenis tangga ini memakan lahan yang cukup luas, sehingga tak heran hanya dapat dijumpai di rumah-rumah modern berukuran besar. Ciri utamanya yaitu adanya area peralihan tepat di tengah percabangan dari arah lantai satu menuju lantai dua. Jenis tangga bercabang ini juga punya nilai estetika yang tinggi untuk rumah.

Baca Juga: Begini, Inspirasi Desain Interior dari Warna Hitam Putih

5. Tangga putar bentuk spiral
Tangga putar dapat kamu ketahui dengan mudah lewat bentuknya yang khas. Umumnya, jenis tangga ini ditempatkan di luar rumah atau digunakan untuk menjangkau area loteng. Dari semua jenis tangga yang ada, tangga putar atau tangga spiral ini yang paling hemat tempat. Dan hanya perlu lahan seluas 1,5 meter persegi.

6. Model tangga melingkar
Meskipun bentuknya mirip dengan tangga spiral, namun tentu saja jenis tangga melingkar memiliki perbedaan. Satu perbedaan yang paling jelas yaitu dari segi ukuran dan desain tangga yang digunakan. Biasanya, tangga melingkar berukuran lebih luas dan lebih besar dengan detail desain hingga ornamen yang juga menarik. Jenis tangga ini sangat cocok digunakan pada model rumah klasik.

7. Model tangga tris
Model tangga tris yang juga mudah diketahui perbedaannya, baik dari bentuk ataupun fungsinya. Jenis tangga ini biasanya hanya memiliki dua hingga sepuluh anak tangga. Penggunaannya pun umumnya ditempatkan di area luar rumah antara permukaan tanah dengan teras utama rumah. Itulah kenapa desain tangga ini dibuat dengan anak tangga yang terbatas.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago