SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Mobil diesel bekas bisa jadi pilihan Anda. (Moladin.com)

Solopos.com, SOLO — Membeli mobil baru terkadang terkendala dana, sehingga pilihannya mobil bekas salah satunya mobil diesel. Apabila Anda berniat membeli mobil diesel bekas, sebaiknya memperhatikan beberapa hal.

Seperti dikutip Solopos.com dari Auto2000.co.id, ada lima hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil diesel bekas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1. Hidupkan mesin mobil

Jika ada kesempatan maka coba hidupkan mesin mobil disel bekas yang ingin dibeli. Saat Anda mencoba menyalakannya, pastikan tidak ada suara aneh yang keluar dari mesin.

Anda juga bisa mencoba menggunakan pedal gas mobil sedikit demi sedikit. Kalau bagus tentunya suaranya akan padat atau ada tekanannya.

2. Periksa kondisi mesin

Anda harus sangat berhati-hati dan teliti saat memeriksa mesin mobil diesel, buka kap mesin mobil tersebut untuk mengecek kondisi mesinnya.

Baca juga: Ditawarkan di Media Sosial, Apakah Beli Motor STNK Only Aman?

Perhatikan ada oli yang tumpah atau tidak, knalpot basah atau kering di manifold, hingga pemeriksaan selang kemudi yang dikhawatirkan bocor. Perhatikan juga kondisi bautnya.

3. Cek tegangan baterai

Periksa tegangan baterai mobil menggunakan voltmeter. Jika tidak punya alat bisa memeriksanya melalui dasbor mobil. Jika kunci kontak dalam posisi on dan indikator aki tidak menyala, berarti tidak ada masalah dengan voltase aki mobil.

4. Periksa radiator

Cek air radiator, jika mesin mobil diesel belum dipanaskan, periksa dengan membuka tutup air radiator. Jika keruh berarti mobil tidak dirawat. Yang terawat adalah air radiator berwarna merah atau hijau karena penggunaan water coolant.

Baca juga: Ini Tips Menabung Agar Bisa Beli Mobil Baru

5. Cek transmisi dan kolong

Lihat dulu bagian oli gardan mobil, apakah olinya masih cukup baik atau sudah kering. Begitu juga dengan transmisi, pastikan ada kebocoran atau tidak.

Anda sebaiknya membeli mobil diesel bekas dengan bagian bawah atau kolong yang masih kuat dan tidak rapuh. Jika memungkinkan mengecek langsung ke bengkel terpercaya agar lebih akurat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya