Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Mau Beli Mobil Bekas? Sebaiknya Lakukan Pemeriksaan Awal

Sebelum Anda membayar mobil bekas tersebut, ada baiknya memerika kondisi dari kendaraan tersebut.
SHARE
Mau Beli Mobil Bekas? Sebaiknya Lakukan Pemeriksaan Awal
SOLOPOS.COM - Ilustrasi: Pemeriksa kendaraan (Antara/Chairul Rohman)

Solopos.com, JAKARTA — Ketika ingin memiliki mobil baru sering dana tak mencukupi, atau karena ada kebutuhan yang mendesak. Jika demikian Anda bisa membeli mobil bekas, baik dari pemilik langsung maupun showroom.

Namun sebelum Anda membayar mobil bekas tersebut, ada baiknya memerika kondisi dari kendaraan tersebut. Memang ini tidak mudah, apalagi jika tidak memiliki pengetahuan otomotif.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Untuk menyewa seorang mekanik tentu ini membutuhkan biaya tambahan. Jangan khawatir karena Anda bisa melakukan inspeksi awal sebelum memutuskan membelinya.

“Banyak yang beranggapan bahwa mengecek kondisi mobil merupakan hal yang sulit dan hanya dapat dilakukan oleh para ahli. Meskipun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah,” ungkap PR & Content Manager OLX Autos Indonesia Nur Rahmah Sari di ICE BSD, Tangerang Selatan, seperti dikutip dari Antara, Kamis (18/8/2022).

Nur Rahmah Sari menyatakan bahwa untuk memeriksa kondisi kendaraan bisa dimulai dengan yang dasar serta mengikuti beberapa langkah yang bisa dilakukan meski anda tidak familiar dengan dunia otomotif.

Baca juga: Harga Tiket GIIAS 2022 Hari Biasa dan Akhir Pekan Beda

“Memeriksa kendaraan yang paling awal adalah harus memeriksa bagian luar, tampilan dari sebuah kendaraan memang yang paling terlihat,” ucap dia.

Pemeriksaan bagian luar diperuntukkan untuk melihat kondisi bodi mobil. Periksa dan pastikan semua bagian eksterior mobil bekas tersebut seperti bumper, spoiler. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Periksa bagian pencahayaan yang juga sangat penting baik pencahayaan depan maupun belakang. Seperti lampu low-beam, high-beam dan sein apakah dalam kondisi baik.

Bagian mesin juga harus diperiksa, apakah berfungsi dengan normal dan tidak ada suara atau getaran yang dapat mengindikasikan adanya komponen yang longgar.

Baca juga: Daftar Mobil di GIIAS 2022, Cek Aja Langsung

Selain itu, pemeriksaan V-belt, pemeriksaan oli mesin, air radiator juga merupakan hal yang wajib dilakukan seseorang ketika hendak membeli kendaraan.

Untuk segi kenyamanan saat berkendara, disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan suspensi, pemeriksaan ban, pemeriksaan aki mobil dan kebersihan dari mobil bekas tersebut.

Lakukan juga pemeriksaan kondisi transmisi dari mobil tersebut, agar nantinya tidak ada masalah di kemudian hari.

Baca juga: Mobil di Garasi Ferdy Sambo Apa Saja, Bikin Penasaran

Pemeriksaan pedal rem, dan fitur-fitur seperti SRS (Supplemental Restraint System) atau sistem keselamatan tambahan seperti kantong udara, juga primary restraint system seperti safety belt dan lain-lain.

Untuk selebihnya memeriksa mobil bekas, dia mengatakan bahwa kaca spion dan juga ketersediaan apar dan P3K juga penting untuk berjaga-jaga ketika nantinya terjadi sesuatu pada saat mengemudi kendaraan tersebut.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode