SOLOPOS.COM - Ilustrasi Iphone 12 (Nextren.grid.id)

Solopos.com, Solo — iPhone merupakan smartphone produk Apple yang banyak diminati. Kendati harganya lumayan mahal namun karena teknologinya, tetap banyak yang membeli. Namun bagi yang ingin membeli iPhone ori dengan harga terjangkau, Apple menjual iPhone refurbish.

Dikutip dari Nextren.com dan Gadgetren.com, bahkan Aplle mengumumkan untuk menjual iPhone refurbish terbarunya untuk seri iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Memang harga iPhone refurbished selisih Rp1,5 – 2,5 jutaan dari harga normalnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk informasi, iPhone refurbish secara garis besarnya adalah iPhone bekas yang diterima oleh Apple dari para pengguna dengan berbagai macam alasan. seperti klaim garansi, tukar tambah. Kemudian Apple melakukan pembaruan suku cadang asli di ponsel tersebut.

Baca juga: Biar HP Terasa Baru Lagi, Ini Lho Tipsnya Gaes

Namun, perlu diketahui bahwa iPhone refurbish belum dijual di Indonesia. Sebab Indonesia belum mendukung penjualan produk Apple melalui Apple Online Store. Jadi konsumen harus hati-hati jika ingin membeli iPhone berstatus refurbish yang dipasarkan di Tanah Air.

Jadi ada baiknya Anda sebelum membeli iPhone refrubished (diperbarui) mengenali ciri-ciri iPhone refurbish. Berikut beberapa cirinya.

Anda bisa melihat abdjad yang ada di nomor model iPhone yang tertera di boks saat Anda membeli. Abjad ini yang menandakan kondisi iPhone tersebut. Huruf “F”: Unit refurbish resmi, “M”: Unit penjualan ritel, “N”: Unit pengganti atau replacement, dan “P”: Unit khusus yang sudah dimodifikasi untuk personal.

Baca juga: Apakah PS Store Jual iPhone Ilegal? Ini Klarifikasinya

Kode F merupakan unit refurbish resmi bisa dari ritel Apple langsung atau dari operator penjual seperti AT&T dan Verizon. Biasanya kode F ini juga akan ditandai dengan tulisan Apple Certified pada box penjualan.

Ciri lainnya yang bisa dilihat jika ingin membeli iPhone Refurbish yakni pada boksnya. Boks iPhone refurbish resmi akan berwarna putih dengan tulisan “Apple Certified Pre-Owned” yang bisa ditemukan pada bagian luar boks.

Cek nomor seri. Jika perangkat kamu memang benar-benar refurbish bukan rekondisi toko maka nomor seri yang tertera di boks dan iPhone akan sama. Sebaliknya, iPhone rekondisi sebagian besar menggunakan boks replika atau boks dari iPhone lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya