SOLOPOS.COM - Ilustrasi SIM (halopolisi.com)

Material SIM di Klaten kosong.

Solopos.com, KLATEN – Selama hampir sebulan material cetak Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polres Klaten kosong. Kekosongan material SIM itu berdampak pada penurunan jumlah permohonan pembuatan SIM baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kekosongan material cetak SIM sudah terjadi sejak 19 Juli lalu. Hingga kini, Satlantas Polres Klaten masih menunggu stok material cetak SIM dari Korlantas Polri.

“Sudah kami laporkan. Kami belum tahu kapan material akan di dropping dari Korlantas. Karena material untuk seluruh Indonesia pengadaan dari Korlantas,” kata Baur SIM Satlantas Polres Klaten, Aiptu Gunawan, Minggu (13/8/2017).

Lantaran material cetak SIM kosong, Satlantas menerbitkan surat keterangan sementara pengganti SIM bagi pemohon SIM baru serta perpanjangan. Selain menjadi pengganti sementara, surat itu juga menjadi bukti pengambilan SIM jika Satlantas Polres Klaten sudah menerima material.

Soal jumlah pemohon perpanjangan SIM, Gunawan mengatakan stabil. Rata-rata per hari ada 200 pemohon perpanjangan SIM.

“Jumlah pemohon perpanjangan tidak berubah. Karena kalau telat memperpanjang SIM harus bikin SIM baru. Mau tidak mau tetap harus melakukan perpanjangan sebelum habis masa berlakunya meskipun material kosong,” katanya.

Untuk pemohon SIM baru, Gunawan mengatakan menurun setelah Satlantas Polres Klaten mengalami kekosongan material SIM.

“Kalau permohonan SIM baru ada penurunan. Namun, hanya sedikit. Sehari itu rata-rata 50-60 pemohon. Sebelumnya [sebelum material kosong] rata-rata per hari 80 pemohon,” urai dia.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Adhityawarman Gautama, meminta pemegangg surat pengganti SIM merawat dan membawa surat tersebut ketika berkendara. Material surat pengganti berupa kertas berkuran sepertiga kertas A4 dilengkapi foto pemegang SIM.

Ia menjelaskan selain data pemohon, surat pengganti SIM yang dikeluarkan Satlantas dilengkapi secure mark atau tanda pengaman untuk mengantipasi pemalsuan. Pasokan material SIM Satlantas Polres Klaten berkisar 4.000-4.500 keping/bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya