SOLOPOS.COM - Lubang besar karena lantai kayu yang lapuk di Jembatan Jurug A akan diperbaiki sebelum dibuka sebaga jembatan darurat khusus kendaraan roda dua. Foto diambil, Senin (24/10/2022) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — PT Baja Titian Utama selaku pelaksana proyek penggantian Jembatan Jurug B Solo telah mengeluarkan surat perintah kepada PT Bukaka Teknik untuk memperbaiki Jembatan Jurug A yang akan digunakan untuk jembatan darurat khusus sepeda motor.

Bahkan, PT Bukaka juga sudah menyiapkan material yang akan digunakan untuk perbaikan jembatan tertua di kawasan Jurug tersebut. Namun, pekerjaan perbaikan belum bisa dimulai karena masih menunggu jadwal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, Jembatan Jurug A yang akan dipakai untuk jembatan darurat khusus sepeda motor selama penutupan Jembatan Jurug B telah selesai diuji oleh PT Bukaka dan PT Baja Titian Utama selaku kontraktor Jembatan Jurug B.

Hasil pengujian Jembatan Jurug A juga sudah disampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo dengan beberapa rekomendasi. Salah satu rekomendasinya adalah perbaikan pada lantai jembatan yang sudah banyak lubang dan bisa membahayakan bila langsung dibuka untuk lalu lintas kendaraan roda dua.

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, kepada Solopos.com, Rabu (2/10/2022), mengatakan masih menunggu jadwal dari Kementerian PUPR terkait waktu untuk perbaikan hingga kapan bisa dibuka untuk jembatan darurat.

Baca Juga: Perbaikan Jembatan Jurug A Solo Disetujui, Lantai Lapuk Berlubang akan Diganti

“Kami masih menunggu jadwal dari Kementerian PUPR terkait Jembatan Jurug A. Dari PT Baja Titian Utama sudah mengeluarkan surat perintah kepada PT Bukaka untuk segera dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Mengurangi Pertumbuhan Jembatan Sasak

Bahkan Bambang menyebut PT Bukaka sudah menyiapkan material yang digunakan untuk perbaikan Jembatan Jurug A Solo. “PT Bukaka sudah mempersiapkan material untuk perbaikan, tapi kami juga menunggu jadwal dari Kementerian PUPR dan kontraktor untuk perbaikannya,” lanjutnya

Sebagai informasi, Jembatan Jurug A diproyeksikan menjadi jembatan darurat saat Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo ditutup untuk perbaikan. Difungsikannya Jembatan Jurug A nantinya diharapkan mengurangi pertumbuhan jembatan sasak yang dianggap tidak aman untuk dilewati kendaraan.

Baca Juga: Jembatan Jurug A Siap Diperbaiki, DPUPR Solo Tunggu Arahan Kementerian PUPR

Jembatan Jurug A akan menampung kendaraan roda dua dan difungsikan juga untuk mengurangi beban dari Jembatan Jurug C dan Jembatan Bacem di Sukoharjo.

Hasil Pengujian Jembatan Jurug A sudah selesai dilakukan oleh PT Bukaka dengan prioritas adalah pengerjaan kerangka dan lantai Jembatan Jurug A. Lantai jembatan nantinya tidak semuanya diganti namun hanya di bagian yang rusak.

Sedangkan untuk kerangka akan kembali diperkuat dan akan dilakukan pengecatan ulang. Penggunaan Jembatan Jurug A ini sekaligus mengklarifikasi informasi sebelumnya yang menyebut jembatan darurat dibangun untuk menggantikan jembatan sasak di Beton, Sewu, Solo, ke Mojolaban, Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya