Matahari Terbit dari Utara Viral, Begini Penjelasan BMKG...
Solopos.com|lifestyle

Matahari Terbit dari Utara Viral, Begini Penjelasan BMKG...

Di media sosial viral rekaman video matahari terbit dari utara padahal umumnya, matahari terbit dari timur sehingga viral di medsos.

Solopos.com, JAKARTA — Di media sosial viral alias menyebar bak virus rekaman video matahari terbit dari utara. Pada umumnya, matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat.

Viralnya video itu pun dikaitkan dengan kemungkinan kiamat yang akan terjadi sebentar lagi. Video itu direkam dari wilayah Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Serapan Anggaran Minim, Tak Usah Tambah Anggaran KPK!

Menanggapi hal tersebut, Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika alias BMKG Daryono memberikan penjelasan secara ilmiah mengapa hal itu terjadi.

Menurutnya, gerak semu matahari merupakan fenomena alam biasa. Dalam kondisi itu, kedudukan matahari pada umumnya seperti bergeser ke utara dan selatan.

Setiap Tahun

Menurutnya, fenomena ini terjadi setiap tahun. Dan saat ini, katanya, matahari sedang bgeser ke utara, puncaknya di utara pada 21 Juni. "Ini terjadi karena pergerakan Bumi mengelilingi matahari atau yang disebut sebagai revolusi Bumi sehingga matahari seolah  terbit di utara," paparnya.

Dia juga menyayangkan fenoman matahari terbit yang seolah-olah dari utara ini sampai viral, hingga menyinggung kiamat di bumi yang bisa menakuti manusia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago