SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Perguruan tinggi harus mencetak calon guru yang bisa bersaing di ASEAN.

Ilustrasi guru bersertifikat

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Harianjogja.com, SLEMAN – Memasuki masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) ada delapan bidang kerja yang bersaing, yakni insinyur ke-rekayasa-an, arsitek, akuntan, land- surveyor, dokter dan dokter gigi, perawat, guru, dan pekerja pariwisata.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Satoto Endar Nayono mengatakan UNY memiliki kompetensi mencetak guru. Untuk itu butuh mencetak calon guru yang bisa bersaing di ASEAN.

“Jangan sampai nanti kita sudah mencetak malah yang masuk guru dari Filipina. Ini persaingan dengan ASEAN dan sangat mungkin terjadi guru Filipina malah mengajar di sini,” jelas Satoto seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (6/1/2016).

Satoto memberikan motivasi agar tenaga pengajar Indonesia bisa mengajar ke luar ke Filipina yang memberikan gaji guru lebih tinggi. Tapi tentunya harus ada syarat-syaratnya. Syarat-syarat ini yang harus kita siapkan bersama.

“Sudah ada beberapa tenaga pengajar asal Filipina yang bersiap pindah ke Indonesia. Belum lagi jika bicara tenaga pengajar Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia,” kata Satoto.

Tantangan global yang perlu dihadapi adalah kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tenaga pengajar di Indonesia harus mengikuti perkembangan ini dengan lebih baik.

“Tekonologi ini memang perlu dikuasai dengan baik. Jika di Pulau Jawa mungkin sudah familiar dengan akses internet, namun bonus geografi memiliki tantangan hingga membuat beberapa daerah belum bisa menikmati internet sama sekali,” kata Satoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya