SOLOPOS.COM - Wali Kota Salatiga, Yuliyanto. (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SALATIGA — Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, masuk dalam daftar nama tokoh yang memiliki popularitas dan elektabilitas untuk Pilkada 2024 dalam survei yang digelar Charta Politika Indonesia periode 28 September – 3 Oktober 2021.

Dalam survei Charta Politika itu Yuliyanto menempati urutan kedepalan dalam daftar tokoh di Jateng yang paling dikenal publik, dengan skor 1,6. Sedangkan untuk tingkat elektabilitas, politikus Partai Gerindra itu menempati urutan ketujuh, dengan skor 1,5.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Menanggapi hal itu, Yuliyanto mengaku kaget karena namanya masuk dalam radar peta electoral di Jateng untuk Pilkada atau Pilgub 2024. “Terus terang, saya kaget. Saya juga tahu dari media. Selama menjabat Wali Kota Salatiga, saya mengalir saja dalam menjalankan amanah. Tujuannya, berusaha memberi yang terbaik untuk masyarakat,” jelas Yuliyanto di rumah dinasnya, Senin (10/1/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Survei Terbaru Charta Politika, Elektabilitas Ganjar Pranowo Lewati Prabowo

Yuliyanto mengatakan dirinya belum ada komunikasi politik dengan pihak manapun hingga saat ini. “Belum ada obrolan politik, yang ada kita ngobrol soal Covid-19 biar cepat berlalu. Bagaimana agar masyarakat sehat, dan ekonominya kembali bangkit,” ujarnya.

Dikatakan, di sisa masa jabatan sebagai Wali Kota Salatiga pada 22 Mei 2022, dirinya akan terus menggenjot jajaran Pemkot Salatiga untuk bekerja secara maksimal. “Tujuan kita menyejahterakan masyarakat, ekonomi tumbuh dan angka kemiskinan turun. RPJMD yang disepakati bersama legislatif menjadi acuan untuk pencapaian yang ending-nya membanggakan kita semua,” paparnya.

Menyinggung tentang Penjabat Wali Kota Salatiga saat dirinya purna tugas hingga Pemilu Serentak 2024, Yuliyanto berharap program-program yang pro-rakyat tetap dilanjutkan. “Kita fokus di pembangunan manusia mulai dari kesehatan hingga pendidikan, termasuk ekonomi. Selama masa pandemi, UMKM di Salatiga tumbuh hingga 200 persen, ini menunjukan masyarakat kreatif,” paparnya.

Sebelumnya, Charta Politika merilis peta electoral Jateng. Ada 12 nama tokoh yang dianggap paling dikenal di Jateng yang masuk dalam daftar survei itu. Nama-nama itu antara lain Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka; Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen; Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi; mantan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, hingga Ketua DPD PDIP, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto.

Baca juga: Elektabilitas Gibran Tertinggi di Jateng, PDIP: Surveinya Ngawur!

Dalam survei yang dikeluarkan Charta Politika itu, Gibran menjadi tokoh yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas paling tinggi. Disusul Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mantan Wagub Jateng, Rustriningsih; Bupati Banyumas, Achmad Husein, dan F.X. Hadi Rudyatmo.

Sementara popularitas Yuliyanto menempati urutan kedelapan, di bawah Bambang Pacul. Tapi, untuk tingkat elektabilitas pada Pilkada Jateng 2024, Yuliyanto unggul dari Bambang Pacul di urutan ketujuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya