Masuk Kemarau, Cuaca di Soloraya Panas Pol!
Solopos.com|soloraya

Masuk Kemarau, Cuaca di Soloraya Panas Pol!

Wilayah Soloraya diprediksi telah memasuki musim kemarau yang membuat suhu udara terasa panas dalam beberapa berakhir.

Solopos.com, SOLO – Beberapa hari terakhir cuaca panas terik terjadi di wilayah Kota Solo dan sekitarnya atau Soloraya, Jawa Tengah. Suhu udara pada pagi hingga malam hari cenderung hangat menuju panas yang tak jarang membuat peluh bercucuran. Lantas apa penyebabnya?

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis di situs web Bmkg.go.id hari ini, Kamis (3/6/2021), wilayah Soloraya diprediksi berawan dengan suhu sekitar 25-33 derajat celsius. Meskipun demikian cuaca di Soloraya hari ini cukup panas dan terik.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang menyebut wilayah provinsi Jawa Tengah sedang dalam fase peralihan musim menuju kemarau.

Baca juga: Cek Tarif Parkir di Solo, Ada Jukir Nakal Langsung Laporkan

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Sukasno mengatakan awal musim kemarau 2021 diwilayah Jawa Tengah diprakirakan terjadi pada Bulan Mei-Juni 2021. Musim kemarau paling awal terjadi pada akhir April 2021 yang meliputi wilayah utara Kabupaten Blora, Rembang, Pati, Wonogiri, Jepara, dan Grobogan.

Sementara awal musim kemarau paling akhir diperkirakan terjadi pada Juli 2021 yang meliputi wilayah utara Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Pemalang, dan Pekalongan. Sedangkan puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada Agustus 2021.

Baca juga: Tegas! Gibran Ancam Tutup Warung Ngepruk di Solo

"Awal musim kemarau 2021, umumnya diprakirakan mundur (lebih lambat) satu dasarian dari normalnya. Sifat hujan periode musim kemarau 2021 umumnya diprakirakan normal (N) – atas normal (AN), dan puncak musim kemarau diprakirakan terjadi pada Bulan Agustus 2021," terangnya seperti dilansir mediacenter.temanggungkab.go.id.

Periode musim kemarau paling pendek diperkirakan terjadi selama 2,5 bulan yang meliputi wilayah Purbalingga, Banjarnegara, Pemalang, dan Pekalongan. Sementara periode terpanjang sekitar 7 bulan diperkirakan terjadi di Rembang, Pati, dan Jepara.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago