SOLOPOS.COM - Ilustrasi pakai masker.(Freepik)

Solopos.com, SOLO-Varian Omicron diketahui sangat mudah menular, tentu butuh masker yang tepat agar cegah tertular. Karena saat ini angka infeksi varian baru Covid-19 ini masih tinggi.

Salah satu cara terbaik agar tidak tertular adalah dengan memakai masker yang tepat untuk cegah tertular Omicron. Namun masalahnya saat ini ada banyak sekali variasi masker yang dijual, manakah yang paling efektif menangkal penularan?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masker yang paling efektif cegah tertular varian Omicron menurut para peneliti tetap masker pelindung N95.  Masker N95 terbuat dari beberapa lapisan bahan sintetis (biasanya polimer plastik polipropilen) dan dirancang untuk dikenakan di mulut dan hidung.

Baca Juga: Profesor Oxford: Omicron Berbeda Dibandingkan Varian Sebelumnya

Masker menyaring dan menangkap 95 persen partikel 0,3 mikron kecil di udara. Masker N95 menawarkan perlindungan terhadap partikel berukuran 0,3 mikron, dan meskipun virus corona itu sendiri berukuran sekitar 0,1 mikron, biasanya menempel pada sesuatu yang lebih besar, seperti tetesan yang dihasilkan oleh aktivitas sehari-hari seperti bernapas dan berbicara.

“Ada tiga hal yang ingin Anda pikirkan dengan maske yaitu fit, filtrasi, dan fungsi. Dengan Omicron, ketiganya penting. Tapi yang penting fit dan filtrasi. Kedua bagian itu bisa berjalan beriringan. Kecocokan masker yang buruk dapat meniadakan kemampuannya untuk menyaring hal-hal berbahaya, seperti partikel virus,” ujar Profesor Praktik Kesehatan Masyarakat  Ketua Asosiasi Departemen Ilmu Kesehatan dan Direktur Program Magister Kesehatan Masyarakat di Northeastern, Neil Maniar, dari Express dan Bisnis.com, Kamis (30/12/2021).

Baca Juga: Drama Korea Terbaik di Netflix Wajib Ditonton saat Liburan Akhir Tahun

N95 bersertifikat atau respirator serupa dianggap sebagai penutup wajah standar emas untuk memblokir partikel virus. Studi telah menemukan bahwa N95 yang dipasang dengan benar sekitar 99 persen efektif untuk mencegah partikel dengan ukuran yang sama dengan partikel virus corona. Namun tidak semua orang memiliki akses masker N95 yang pas dan bisa dipakai setiap hari.

Sementara masker medis sering dianggap sebagai penyaring partikel virus yang lebih baik, para peneliti menemukan bahwa beberapa masker kain sebenarnya dapat menyaingi masker prosedural sekali pakai model loop telinga yang lebih longgar yang dipakai banyak orang – menghilangkan 50 hingga 75 persen partikel. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan, menurut profesor dan ketua penelitian di bidang teknik kimia di Northeastern,Steve Lustig, adalah apakah masker Anda memiliki sifat tahan air?

“Ketika Anda disemprot, karena seseorang bersin pada Anda atau seseorang batuk, atau Anda batuk, Anda mengisi bahan masker ini dengan semua cairan ini,” katanya. “Dan jika cairan itu meresap ke seluruh masker, maka Anda bisa menyerap virus hanya karena mengalir melalui cairan.”

Baca Juga: Viral di TikTok, Ini Lagu Ciptaan Tyok Satrio X Factor Indonesia 2021

Para peneliti menemukan bahwa masker berbentuk paruh bebek atau masker duckbill yang cukup kaku untuk menghindari menyentuh mulut Anda juga lebih efektif. Menurut sebuah laporan yang dikutip oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, respirator N95 memiliki dua keunggulan utama dibandingkan penutup kain sederhana atau masker bedah.

Pertama, laporan tersebut menemukan bahwa masker N95 lebih dari 95 persen efisien dalam menyaring partikel 0,3 m — partikel yang bahkan lebih kecil daripada tetesan yang dihasilkan saat berbicara, batuk, atau bersin — menjadikannya cara yang efektif untuk menyaring kuman dan bakteri. Studi tersebut juga menemukan bahwa masker N95 seringkali lebih pas di wajah dan di sekitar leher, memastikan bahwa tetesan dan partikel tidak bocor di sekitar masker.

“Anda menginginkan sesuatu yang juga memungkinkan Anda untuk dapat dengan nyaman melakukan aktivitas apa pun yang Anda lakukan saat mengenakan topeng. Dan itulah mengapa ada opsi berbeda untuk skenario berbeda,” papar Profesor Maniar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya