SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Setiap orang pasti ingin memiliki wajah halus dan bersih dari jerawat. Kadang jerawat yang telah sembuh malah menyisakan flek hitam di wajah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tentu ini akan membuat wajah kurang sedap dipandang dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri. Jerawat muncul jika pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan penyebabnya adalah sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.

“Ada pula yang disebabkan produksi minyak oleh kelenjar minyak yang terlalu berlebihan. Penyebab lainnya bisa karena faktor keturuan dan hormonal ketika seorang anak menginjak remaja. Iritasi kulit, maupun stres yang berlebihan juga menjadi faktor penyebabnya,” ujar Pemilik Toko Hasanah Herbal, Kunkun Haryana, saat ditemui Harian Jogja, di Pasar Beringharjo, Jl Malioboro, Jogja, Senin (9/1).

Menurut Kunkun, buah pinang dipercaya dapat membasmi berbagai jenis jerawat dengan aman dan tanpa efek samping. Buah pinang juga berkhasiat mengecilkan pori-pori sehingga kulit tampak halus dan mulus.

Senyawa alkoloid yang terkandung di dalamnya berkhasiat agar tubuh terasa segar. Juga mengandung zat tanin yang berkhasiat mengeluarkan gas. Sifat mikroorganisme yang terkandung dalam buah ini bermanfaat untuk mengatasi jamur dan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit wajah.

Senyawa arekolin berkhasiat untuk kesehatan kulit. Selain itu, ekstra pinang bermanfaat untuk merawat kekencangan kulit sejak dini agar kulit tetap cerah dan segar.

Kunkun mengatakan untuk pengobatan biasanya bagian dalam pinang ditumbuk halus, lalu diberi air matang dan dijadikan masker. Saat ini telah tersedia masker pinang dalam kemasan praktis, salah satunya masker pinang Hasanah.

Bubuk tersebut tinggal dicampurkan dengan sekdikit air matang atau air mawar, usapkan ke wajah, biarkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

“Cara ini dapat dilakukan secara rutin, dua atau tiga kali seminggu dan tak perlu khawatir untuk pemakaian dalam jangka waktu lama, karena masker herbal ini tak ada efek samping dan berasal dari alam,” pungkasnya.(Wartawan Harian Jogja/Kharsima Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya