SOLOPOS.COM - Warga berfoto di utara Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Minggu (13/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Setelah diresmikan pada Senin (14/11/2022), Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah, ramai dikunjungi masyarakat untuk berfoto. Terkait hal tersebut, bagaimana hukum berfoto di masjid menurut Islam?

Berdasarkan pantauan Solopos.com di media sosial Instagram, banyak masyarakat yang berfoto di masjid yang lokasinya tak jauh dari viaduk Gilingan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan, sebelum masjid tersebut diresmikan, Masjid Raya Sheikh Zayed juga sempat diserbu menjadi lokasi foto. Mereka ada yang berfoto dengan latar masjid hingga tulisan Masjid Raya Sheikh Zayed yang berada di sisi bagian timur.

Lalu, bagaimana hukum berfoto di masjid menurut ajaran Islam?

Baca Juga: Setelah Diresmikan, Simak 11 Adab ketika Berada di Masjid Sheikh Zayed Solo

Menurut artikel yang ditulis di Dalamislam.com, hukum berfoto di masjid tergantung dengan niatnya. Jika memang niatnya untuk kebaikan, hal tersebut diperbolehkan. Misalnya saja, memotret objek atau sisi-sisi masjid untuk dipublikasikan ke masyarakat luas agar lebih dikenal sekaligus sebagai syiar Islam. Namun, bila niatnya untuk keburukan, tentu saja itu sangat dilarang.

“Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampung-kampung dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya’ kepada manusia serta menghalangi (orang) dari jalan Allah. Dan (ilmu) Allah meliputi apa yang mereka kerjakan.” (Al-Anfaal: 47).

Baca Juga: Diresmikan, Intip Sederet Fasilitas di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Hal tersebut juga senada dengan penjelasan Ustaz Erick dalam sebuah video yang tayang di kanal Youtube Netmediatama.

“Boleh saja mengajak dengan foto selfie, ayo aku sudah di masjid ini kumpul. Itu mengajak bagus. Kalau niat supaya saya terlihat lebih baik dari lain karena saya di masjid, ini jadi riya’. Ini tipis sekali [perbedaannya], karena Allah SWT yang mengetahui,” jelas Ustaz Erick.

Baca Juga: Cek Profil Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang Tampak Megah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya