Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Masjid Butuh Sragen, Saksi Dakwah Islam Ki Ageng Butuh

Masjid Butuh Sragen, Saksi Dakwah Islam Ki Ageng Butuh
user
Tri Rahayu , 
Sabtu, 17 April 2021 - 12:13 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tampilan luar Masjid Butuh peninggalan Ki Ageng Butuh di wilayah Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Kamis (15/4/2021). (Espos/Tri Rahayu

Solopos.com, SRAGEN - Sebuah bangunan bercat krem berdiri di lahan pekarangan berukuran 42 meter x 28 meter atau 1.176 m2 di wilayah Gedongan, Plupuh, Sragen. Di lahan itulah Masjid Sepuh Ki Ageng Butuh atau lebih dikenal dengan nama Masjid Butuh berdiri. Lahan masjid itu menjadi bagian dari lahan milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan total luas 4.225 m2. Terdapat lahan  permakaman umum seluas 1.673,5 m2, dan permakaman khusus kerabat Ki Ageng Butuh seluas 380 m2. Sisanya untuk parkir dan perumahan juru kunci seluas 995,5 m2.

Bangunan utama masjid berbentuk tajuk dengan kubah di bagian atasnya. Bangunan serambi masjid berbentuk limasan. Struktur bangunan menggunakan kerangka kayu jati berukuran besar. Soko guru masjid terdiri atas empat pilar setinggi 6 meter dengan ukuran sisi 30 cm. Pada sekeliling empat soko guru itu ada 12 pilar dengan ukuran tinggi 4 meter dan setiap sisinya 25 cm. Belasan pilar itu terhubung ke empat soko guru dan saling mengunci.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN