SOLOPOS.COM - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meresmikan Masjid Al-Fattah yang ada di Kabupaten Tulungagung, Selasa (29/3/2022). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, TULUNGAGUNG — Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meresmikan Masjid Al Fattah di Kelurahan Kepatiham Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (29/3/2022). Masjid ini disebut-sebut sebagai salah satu masjid terindah di Indonesia.

Masjid Al Fattah ini berdiri di atas lahan seluas 3.050 meter. Masjid ini memiliki desain yang unik. Masjid yang sudah ada sejak 1952 itu juga dilengkapi dengan kain kiswah yang panjangnya 6,6 X 3,5 meter dengan berat total sekitar 100 kilogram. Dari berat tersebut di antaranya 40 kg terdapat benang emas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jusuf Kalla mengatakan desain dan konsep Masjid Al Fattah ini sangat bagus dan indah. Bahkan terindah di Indonesia. Dengan konsep bangunan masjid yang bagus itu, JK berharap kehadiran masjid bisa membawa kedamaian dan kerukunan umat beragama.

Baca Juga: Panen Pisang Cavendish di Ponorogo, Wapres RI: Peluang Ekspor Besar

Ekspedisi Mudik 2024

“Jemaah yang datang bisa beribadah dengan tenang dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ibadah dan kegiatan sosial,” kata dia yang dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id.

Menurutnya, tidak hanya menampilkan sisi indahnya bangunan saja, masjid ini ini juga harus mencerminkan Islam yang toleran bagi sesama.

“Islam itu netral dan tidak ada yang radikan,” kata mantan Wakil Presiden RI itu.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi peresmian Masjid Al Fattah yang dilakukan menjelang bulan Ramadan. Menurutnya, peresmian ini bisa menjadi momentum perekat kehidupan umat dan menguatkan kesalehan sosial.

Baca Juga: Mantap! Petani Ponorogo Ekspor Temulawak dan Kunyit 50 Ton ke India

“Menjelang Ramadan, peresmian Masjid Al Fattah mudah-mudahan menjadi bagian perekat kehidupan umat dan menguatkan kesalehan sosial di antara kita semua,” kata Khofifah.

Gubernur mengaku kagum terhadap arsitektur Masjid Al Fattah yang dikonsep secara modern dan unik. Menurutnya, ini menjadi kekuatan Masjid Al Fattah yang tidak hanya menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah melainkan berpotensi juga menjadi jujukan jemaah sebagai destinasi wisata masjid.

Masjid ini juga dilengkapi kain kiswah yang panjangnya 6,6 X 3,5 meter dengan berat total sekitar 100 kilogram. Dari berat tersebut di antaranya 40 kg terdapat benang emas.

“Masjid di Inonesia yang memiliki kain kiswah sangat langka. Sehingga kain kiswah bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi jemaah untuk menjalankan ibadah di Masjid Al Fattah,” jelasnya.

Baca Juga: Kasihan, Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Saluran Irigasi Madiun

Khofifah menyampaikan ada sekitar 42.667 masjid yang tersebar di seluruh wilayah Jatim. Dia mendoorng agar beragam kegiatan yang membawa kemaslahatan dan kemakmuran bisa dilaksanakan. Sehingga masjid bisa menjadi pusat beribadah, pusat pendidikan, dan pusat ekonomi serta pusat dakwah.

Setelah meresmikan masjid ini, Jusuf Kalla bersama Khofifah serta Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir juga meninjau lebih dekat masjid yang rampung direnovasi 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya