SOLOPOS.COM - Situasi Gedung Wanita Karanganyar yang menjadi tempat isolasi terpusat, Rabu (18/8/2021). (Solopos-Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Karanganyar menargetkan pembangunan Gedung Kebudayaan selesai pada HUT Karanganyar, 18 November 2022.

Tahun ini, perayaan HUT ke-105 Karanganyar. Bahkan, Gedung Kebudayaan itu diharapkan sudah bisa dipakai untuk pergelaran wayang kulit atau wayangan pada peringatan Hari Wayang Nasional 7 November. Hal tersebut disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kepada wartawan saat ditanya tentang pembangunan gedung tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Bupati Karanganyar: Jangan ke Masjid Agung Buat Foto, Salat Juga!

Ekspedisi Mudik 2024

“Pembangunan Gedung Kebudayaan kan tahun ini. Sehingga harapan saya nanti pas Hari Jadi [ke-105] Karanganyar sudah selesai. Malah saya harapkan pas Hari Wayang Nasional 7 November gedung itu sudah bisa dipakai untuk wayangan,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Teater Bhinneka Tunggal Ika Karanganyar akhir pekan lalu.

Bupati Karanganyar menjelaskan proses pembangunan Gedung Kebudayaan akan menempati lokasi yang sama dengan Gedung Wanita Karanganyar. Pemkab, katanya, masih dalam proses penghapusan aset. “Kalau sekarang masih proses pengapusan aset Gedung Wanita. Nanti dirobohkan dulu, baru dibangun Gedung Kebudayaan di situ,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Siapkan Hadiah untuk Muazin Masjid Agung Karanganyar, Apa Itu?

Seperti diberitakan, Pemkab Karanganyar akan membangun gedung sebagai pusat kebudayaan ini dengan pagu anggaran mencapai Rp20 miliar. Gedung ini dibangun berupa joglo terbuka layaknya Taman Budaya Surakarta (TBS) di Solo.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (DPUPR) Karanganyar, Asihno Purwadi, mengatakan pembangunan gedung pusat kebudayaan itu akan dilaksanakan di lahan yang saat ini masih digunakan untuk Gedung Wanita.

“Tahun ini disiapkan Rp20 miliar untuk Gedung Kebudayaan [pusat kebudayaan]. Sebelum dibangun, akan dilakukan penghapusan aset untuk pembongkaran Gedung Wanita,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya