SOLOPOS.COM - Ivan Gunawan. (Instagram/@ivan_gunawan)

Solopos.com, SOLO-Desainer Indonesia Ivan Gunawan diketahui masih suka main boneka saat dewasa. Bahkan koleksinya itu dianggap sudah seperti anak sendiri.

Sebenarnya bukan hanya Ivan Gunawan yang masih suka main boneka saat dewasa. Tak sedikit pula orang dewasa masih menggemari permainan satu ini. Bahkan sejumlah artis juga masih gemar mengoleksinya, sebut saja Sarwendah dan Celine Evangelista.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melihat unggahan Ivan Gunawan, tak sedikit warganet merasa aneh mengapa orang dewasa masih suka main boneka? Bahkan boneka-boneka itu diberi pakaian selayaknya anak-anak dan disediakan kamar khusus. Selama ini, boneka identik dengan mainan anak-anak. Entah itu dijadikan anggota keluarga saat bermain rumah-rumahan atau sebagai teman tidur anak yang masih takut tidur sendiri.

Namun, bagaimana jika masih suka main boneka saat dewasa? Apakah hal ini normal? Apa artinya bermain boneka bagi pemiliknya?

Baca Juga: Bukan Hanya Ivan Gunawan, Deretan Artis Ini Juga Hobi Mengoleksi Boneka

Bermain boneka mengajari anak memiliki rasa tanggung jawab, misalnya menjaganya agar tetap bersih dan terawat, tidak rusak, bahkan hingga memakaikan baju dan memberinya makan. Namun, lambat laun seiring tumbuh kembangnya, anak mungkin mulai meninggalkan boneka kesayangannya dan beralih ke hal-hal yang lebih dewasa, seperti make-up, bermain bersama teman sekolah, mulai suka dengan lawan jenis, dan lainnya.

Bagi anak remaja, boneka mungkin hanya kenangan masa kecilnya. Adapun beberapa boneka tertentu yang masih ia simpan karena memang boneka kesukaannya atau karena dihadiahkan oleh temannya atau orang terdekatnya.

Sementara, bagaimana dengan orang dewasa yang masih suka boneka? Beberapa wanita dewasa mungkin ada yang masih menyimpan boneka. Main boneka saat dewasa mungkin dapat mengingatkannya pada masa kecilnya yang indah. Sehingga, ia ingin menyimpan kenangannya tersebut.

Lalu, apa normal jika masih main boneka saat dewasa?

Anda masih bisa bermain dengan boneka sampai usia berapa pun, tidak ada larangan. Normal jika Anda sebagai orang dewasa masih menyimpan atau malah membeli boneka baru. Tidak ada yang salah dengan ini. Juga, tidak ada yang salah jika Anda masih bermain dengan boneka, walaupun Anda sudah dewasa.

Baca Juga: Ini Koleksi Merchandise BTS Buatan Para Artis yang Diprotes ARMY

Namun, hal ini juga bisa menjadi masalah jika boneka sudah menjadi fokus utama dalam kehidupan Anda. Misalnya, Anda harus membawa boneka Anda ke mana-mana, jika tidak maka dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jika sudah begitu, maka bisa timbul masalah kesehatan mental.

Mengutip laman hellosehat.com pada Selasa (4/1/2022), bermain dengan boneka juga bisa menjadi perhatian kesehatan mental jika membuat fantasi Anda di masa kecil masih terbawa sampai Anda dewasa. Dalam perkembangan mental yang sehat, fantasi anak yang ada di masa kecil bisa dibawa sampai dewasa, tapi berubah menjadi sesuatu hal atau minat yang disesuaikan dengan kehidupan dewasa, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Joseph M. Carver, Ph. D. Sebagai contoh, saat dulu Anda suka mendandani boneka Anda dengan berbagai baju, mungkin sekarang minat Anda menjadi mendandani orang.

Baca Juga: Produser Harry Potter Akui Salah Pasang Foto Emma Roberts

Namun, beberapa orang dewasa mungkin memilih untuk tidak lepas dari kehidupan di masa kecilnya. Hal ini membuat ada sedikit sifat kanak-kanak yang dipertahankan dalam dirinya. Tentunya, hal ini tidak baik mengingat seharusnya orang dewasa sudah mempunyai mental dan emosional yang matang dibandingkan anak kecil.

Jadi, bukannya tidak boleh bermain dengan boneka saat Anda sudah dewasa. Ini sah-sah saja. Tapi, jangan sampai ini mengganggu perkembangan mental dan emosional Anda saat dewasa. Lagipula, bermain juga merupakan kebutuhan orang dewasa, bukan hanya anak kecil. Bermain dapat memberi kebahagiaan dan juga membantu mengembangkan kreativitas. Tapi, ada batas-batas tertentu yang membedakan artian bermain pada anak-anak dan pada orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya