SOLOPOS.COM - Ilustrasi ritual pergantian tahun 1 Muharram (1 Sura) di Bantul. (inews.id)

Solopos.com, BANTUL — Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul memastikan seluruh kegiatan ritual 1 Muharram (malam 1 Sura) di sejumlah objek wisata, terutama di pantai selatan ditiadakan. Hal ini menyusul masih diberlakukannya perpanjangan PPKM Level 4.

“Jadi seluruh kegiatan atau ritual menyambut 1 Sura yang biasanya berlangsung di pantai selatan ditiadakan. Karena memang masih diberlakukan PPKM level 4,” kata Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata, Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi, Senin (9/8/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagai gantinya, lanjut Markus, masyarakat di sekitar pantai selatan Bantul memilih menggelar doa bersama di Pendapa Pantai Goa Cemara. Doa bersama ini, sebagai ganti ritual yang biasa digelar di Pantai Parangkusumo, ritual Mahesa Suro, dan sedekah Goa.

Baca Juga: Embung Imogiri, Pilihan Alternatif Liburan di Masa Pandemi

Lebih lanjut Ipung, panggilan akrab Markus, menyatakan akan memperketat penjagaan di TPR Pantai Parangtritis. Pihaknya akan melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Polres, dan Kodim Bantul. Petugas gabungan tersebut akan menghalau wisatawan ataupun warga yang hendak melakukan ritual pergantian 1 Muharram.

“Hanya warga sekitar yang boleh lewat. Selain itu, tradisi nguras enceh di Imogiri juga digelar hanya untuk internal. Wisatawan atau warga yang akan ikut tidak diperbolehkan,” ucap Markus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya