SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin booster Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Kabupaten Sukoharjo per 2 Maret 2022 baru mencapai 10,70 persen atau sebanyak 77.028 orang. Angka tersebut masih jauh di bawah target populasi vaksinasi booster di Sukoharjo yakni 719.754 orang.

Sejauh ini, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo terus berupaya menggenjot capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster dengan melibatkan para stakeholder termasuk perusahaan dan kelompok masyarakat. Vaksinasi booster menjadi salah satu kunci dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala DKK Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, mengatakan selain kelompok lanjut usia (lansia), vaksinasi booster juga menyasar kelompok masyarakat lain seperti buruh pabrik, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pedagang pasar tradisional hingga juru parkir.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Jembatan Tambakboyo Sukoharjo Diresmikan Pascaambruk, Ini Pesan Bupati

Mereka merupakan kelompok rentan terpapar virus lantaran beraktivitas di luar rumah. “Capaian vaksinasi booster terus digenjot setiap hari. Vaksinasi dilakukan di fasilitas kesehatan maupun sentra vaksinasi lainnya,” kata dia, kepada Solopos.com, Jumat (4/3/2022).

Balai Desa hingga Pasar Tradisional

Wanita yang akrab disapa Tuti itu menyampaikan puskesmas di setiap kecamatan terus melakukan vaksinasi yang menyasar kelompok masyarakat. Lokasi vaksinasi tak hanya dilaksanakan di fasilitas kesehatan melainkan perusahaan, balai desa bahkan pasar tradisional. Hal ini dilakukan guna memudahkan masyarakat dalam menerima vaksin booster.

Akselerasi percepatan vaksinasi booster menjadi perhatian serius pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19. “Setelah menerima vaksin, masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air,” ujar dia.

Baca juga: Tempat Isoter Pasien Positif Covid-19 Sukoharjo Sepi, Kasus Melandai?

Kepala Puskesmas Sukoharjo, Kunari Mahanani, mengatakan terus melaksanakan vaksinasi booster di sejumlah lokasi seperti pasar tradisional pada akhir pekan lalu. Para pedagang, juru parkir dan pengayuh becak cukup antusias mengikuti vaksinasi.

Kegiatan serupa bakal dilaksanakan di lokasi yang berbeda guna menggenjot capaian vaksinasi booster. “Capaian vaksinasi booster memang masih rendah. Namun, kami terus berupaya keras menggelar kegiatan vaksinasi massal setiap hari,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya