SOLOPOS.COM - Suasana Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Jumat (10/11/2017). (Ocktadika Cahya A/JIBI/Harian Jogja)

Stan sudah terisi sebanyak 466 dari total 486 stan

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan masih menerima pendaftaran stan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-alun Utara meski tradisi tahunan yang akan digelar sampai 30 November itu sudah resmi dibuka, Jumat (10/11/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sampai sore ini stan sudah terisi sebanyak 466 dari total 486 stan,” kata Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi saat pembukaan PMPS.

PMPS kemarin resmi dibuka oleh Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X yang ditandai dengan pemukulan gong. Heroe mengatakan, pendapatan PMPS pun sudah hampir mencapai target Rp1 miliar. Namun, di luar itu, ia berharap PMPS berdampak luas bagi pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

Heroe menyatakan, pihaknya akan mengevaluasi secara keseluruhan penyelenggaraan PMPS agar lebih relavan dengan kondisi kekinian, sehingga tidak hanya sekadar berdagang. “Agar sekaten bisa menjadi lokomotif yang menunjukkan pertumbuhan gerak ekonomi Kota Jogja,” hara Heroe.

Baca juga : Pasar Malam Sekaten Libatkan UMKM Jogja

Ia bersyukur PMPS kali ini banyak melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tidak perlu menyewa. Setidaknya ada 14 stan UMKM, dan beberapa stan dari instansi terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ada juga stan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Maryustion Tonang mengatakan, total pendapatan yang diperoleh dari penyewaan stan sampai sore kemarin sekitar Rp900.000. Menurut dia, proses pembayaran dilakukan melalui transaksi non tunai. “Semua via transfer pembayarannya, tidak ada yang tunai,” ujar dia.

Baca juga : Pasar Malam Sekaten Harus Jadi Penggerak Ekonomi Masyarakat

Terkait masih ada stan yang tersisa, pihaknya masih membuka sewa. Penyewaan stan dilayani di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan di lantai II Pasar Bringharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya