SOLOPOS.COM - BJ Habibie (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Meski ada masalah di jantungnya, kondisi BJ Habibie di Jerman dikabarkan masih baik dan bersemangat menjalani perawatan.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, sedang menjalani perawatan di Klinik Starnberg, Muenchen, Jerman. Habibie harus menjalani perawatan karena mengalami penurunan kesehatan akibat kelelahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ilham Habibie, putra pertama BJ Habibie, membenarkan kabar tentang kondisi ayahnya di Jerman. Seperti diketahui beredar kabar dari sekretaris pribadi BJ Habibie tentang kondisi pendiri Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) itu. “Ini kurang lebih benar,” ujar Ilham sambil merujuk berita tentang kondisi BJ Habibie yang dirawat di rumah sakit.

“Terima kasih atas doa dan perhatiannya,” lanjut Ilham dalam pesan singkatnya kepada Bisnis/JIBI, Sabtu (3/3/2018). Baca juga: Habibie Ingatkan Demokrasi yang Baik yang Perhatikan Minoritas.

Sementara itu, The Habibie Center juga merilis kondisi BJ Habibie melalui siaran pers yang dirilis melalui akun Twitter. “Seiring dengan beredarnya informasi terkait penurunan kondisi kesehatan Bp B.J.Habibie,melalui ini kami mengkonfirmasi kebenaran kondisi kesehatan beliau.Penurunan kondisi kesehatan Bp B.J.Habibie disebabkan o/ kelelahan,” bunyi siaran pers itu, Sabtu.

The Habibie Center memastikan Habibie dalam penanganan tenaga kesehatan terbaik di Munchen. Sementara itu, kondisi Habibie juga dipastikan dalam keadaan yang cukup baik dan masih bersemangat menjalani seluruh rangkaian pemeriksaan.

“Mohon u/ tdk mempercayai serta menyebarkan informasi yg belum terverifikasi&selalu mendasarkan informasi terkait perkembangan kesehatan Bapak B.J.Habibie pd seluruh media sosial&siaran pers resmi The Habibie Center.”

Di Munchen, Habibie juga mendapatkan perhatian penuh dari Pemerintah Jerman. Habibie memang memiliki kedekatan dengan negara itu sejak menempuh pendidikan tingginya saat masih muda.

“Pemerintah Jerman melalui Kantor Kanselir Angela Merkel sudah mengetahui keadaan kesehatan Bapak BJ Habibie saat ini, dan sudah menelepon langsung Bapak BJ Habibie. Pemerintah Jerman memberikan perhatian penuh, dan menawarkan apa yang bisa dibantu,” ujar sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu malam.

Rubijanto mengatakan dirinya telah melakukan sambungan telepon langsung dengan BJ Habibie pada Kamis (1/3/2018). Menurut dia, saat itu BJ Habibie dengan suara parau menjelaskan bahwa dirinya merasakan sesak bernapas pada Selasa 27 Februari 2018. Baca juga: Jokowi Undang BJ Habibie dan Try Sutrisno ke Istana.

Kala itu, kata Rubijanto, rekan-rekan Habibie langsung membawa suami dari Almarhumah Hasri Ainun Besari itu ke Klinik Starnberg di Muenchen, Jerman. Tim dokter langsung memeriksa Habibie. “Diketahui bahwa klep jantung termonitor ada kebocoran layaknya yang dialami Almarhumah ibu Ainun Habibie,” jelas Rubijanto.

Akibat dari kebocoran klep jantung ini terjadi penumpukan air pada paru-paru hingga 1,5 liter sehingga terasa sulit atau sesak bernapas. Selain itu tensi Habibie meningkat sampai 180.

Dokter di Muenchen memberikan dua opsi bagi Habibie, yakni segera menjalani operasi jantung atau menempuh pengobatan/tindakan dengan cara yang lebih canggih. Menurut informasi yang diperoleh Rubijanto, Habibie tidak menghendaki tindakan operasi jantung dan lebih memilih operasi dengan metode baru yang lebih canggih.

Sejauh ini, tim dokter telah memasang kateter melalui mulut untuk mengetahui persisnya kebocoran klep Jantung dan untuk menentukan tindakan mana yang lebih tepat untuk ditempuh.

Rubijanto mengatakan Habibie berharap pada pelaksanaan tindakan operasi jantung di Muenchen nantinya dapat dihadiri atau disaksikan oleh paling tidak dua dokter spesialis jantung dari Tim Dokter Kepresidenan RI dan seorang personel Paspampres. Baca juga: Eksekusi 10 Terpidana Mati Tertunda, Istana Akui Efek Surat Habibie.

“Beliau harapkan seluruh biaya perawatan dan tindakan medis yang timbul di Muenchen, ditanggung oleh Pemerintah RI sesuai Undang-undang yang berlaku,” kata Rubijanto.

Rubijanto telah menyampaikan kepada Habibie seluruh kolega di Jakarta ikut merasakan prihatin atas kesehatan Habibie dan mendoakan semoga agar Habibie segera dapat lekas sembuh dan lekas kembali ke Jakarta. “Kabar lebih lanjut akan selalu diberikan sesuai perkembangan dari Muenchen,” ujar Rubijanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya