SOLOPOS.COM - ilustrasi (phuketgazette.net/ilustrasi)

Masalah imigran yang berada di Indonesia menjadi perhatian pemerintah.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia akan memulangkan 720 pengungsi asal Bangladesh yang kini berada di Aceh. pengungsi bangladesh itu kini berada diantara 1.062 pengungsi Rohingya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan pengungsi asal Bangladesh yang merupakan korban ekonomi migran akan segera dikembalikan ke Bangladesh. “Dubes Bangladesh telah berkunjung ke Aceh Utara dan berencana untuk memulangkan pengungsi secara bertahap,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (24/5/2015).

Biaya untuk pemulangan pengungsi tersebut ditanggung UNHCR dan IOM. “Mulai minggu depan secara bertahap pengungsi akan dipindahkan ke Medan sebelum ke Bangladesh. Diharapkan dalam 1 bulan sudah tuntas.”
untuk pengungsi Rohingya, tulisnya, akan dilakukan permukiman kembali (resettlement) dan perlindungan sosial, pemenuhan kebutuhan dasar, trauma healing dan lainnya oleh berbagai kementerian/lembaga.

Rencana pada Selasa (26/5/2015) akan dilakukan rakornis di Kemenko PMK. Koordinasi yang efektif diperlukan untuk mengatasi pengungsi ini. Pemerintah saat ini sedang menyusun Perpres Pengungsi dan Penanganan Pencari Suaka.

Sutopo menambahkan, penanganan itu setelah Menteri Sosial, pimpinan Pemda Aceh, UNHCR, IOM, TRC BNPB, SKPD dan beberapa NGO melakukan rapat di Pendopo Kota Langsa pada Minggu (24/5/2015) pukul 10.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya